Jumlah wajib pajak di Indonesia capai 20 juta

Senin, 4 Februari 2013 17:23 Reporter : Harwanto Bimo Pratomo
Jumlah wajib pajak di Indonesia capai 20 juta Ilustrasi SPT Pajak. syaifuddin.com

Merdeka.com - Pemerintah menyebutkan, basis pajak atau jumlah wajib pajak di Indonesia saat ini meroket tajam. Data Kementerian Keuangan menyebutkan, basis pajak di Indonesia saat ini mencapai 20 juta wajib pajak. Sebelumnya, basis pajak Indonesia baru berada di kisaran empat sampai lima juta wajib pajak.

Menteri Keuangan Agus Martowardojo mengatakan, meningkatnya basis pajak seiring dengan upaya ekstensifikasi yang dilakukan pemerintah. Diharapkan target pajak tahun ini dapat tercapai dengan makin luasnya basis pajak.

"Jadi ungkapan, kita hanya menembak di kebun binatang itu tidak betul karena tax base kita itu sudah berhasil diperluas," ujarnya saat ditemui di Gedung DPR, Jakarta, Senin (4/2).

Pemerintah diberikan target untuk penerimaan pajak tahun ini sekitar Rp 1.031 triliun. Beberapa langkah telah dilakukan pemerintah mulai dari ekstensifikasi hingga intensifikasi pajak.

Kementerian Keuangan mengklaim terus melakukan langkah intensifikasi di mana perbaikan internal digalakkan di tubuh Direktorat Jenderal Pajak. Selain itu langkah ekstensifikasi seperti program sensus pajak, sinkronisasi e-KTP dengan NPWP, pengenaan pajak pada sektor UKM dan pendataan ulang barang kena pajak menjadi contoh langkah tersebut. [noe]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Agus DW Martowardojo
  3. Wajib Pajak
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini