Jokowi Tekankan Pembangunan Ibu Kota Baru Tidak Ada Skema Pinjaman

Jumat, 17 Januari 2020 17:01 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Jokowi Tekankan Pembangunan Ibu Kota Baru Tidak Ada Skema Pinjaman Presiden Jokowi. ©2018 istimewa

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi sudah menunjuk tiga tokoh besar sebagai dewan pengarah pembangunan ibu kota baru di Kalimantan Timur. Mereka adalah Sheikh Mohamed bin Zayed (MBZ), Masayoshi Son dan Tony Blair. Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut menjelaskan nantinya mereka akan membangun kerja sama dengan sistem investasi dan tidak ada skema pinjaman.

"Yang ditawarkan, tidak pinjaman, tidak ada governmen guarantee, semua kerja sama," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Jumat (17/1).

Dia mengklaim para dewan pengarah tidak akan diberikan upah atau gaji. Lantaran Sheikh Mohamed bin Zayed saja memiliki harta kekayaan senilai USD 1,4 triliun. Walaupun tidak diberikan upah, Jokowi menjelaskan mereka akan mendapatkan penghargaan tertinggi. Lantaran sudah membangun sejarah baru yaitu perpindahan ibu kota.

"Tau gak angkanya 1,4 tadi, enggak kuat menggaji beliau, USD 1,4 triliun bayangin saja," ungkap Jokowi.

1 dari 1 halaman

Tiga Dewan Pengarah Ibu Kota Baru Punya Reputasi Baik

Jokowi menjelaskan alasan memilih tiga tokoh besar dari luar negeri untuk jadi dewan pengarah lantaran faktor kepercayaan dan memiliki pendanaan yang besar. Dia menilai mereka memiliki reputasi yang baik.

"Saya lihat beliau-beliau ini Syeh Mohammed Zayed bin Al Nahyan, kedua Masayoshi Sondan, person-person yang punya reputasi baik di dunia internasional," ungkap Jokowi.

Terkait apakah akan ada dewan pengarah lainnya, dia pun tidak menutup kemungkinan akan bertambah. Tetapi Jokowi belum membeberkan siapa yang akan jadi kandidat selanjutnya untuk berinvestasi.

"Tiga dulu," singkat Jokowi. [idr]

Baca juga:
Presiden Jokowi: PNS di Jakarta Pindah ke Ibu Kota Baru Pada 2024
Jokowi: RUU Ibu Kota Sudah Rampung, Minggu Depan Disampaikan kepada DPR
Alasan Jokowi Libatkan Tony Blair Hingga Putra Mahkota UEA Bangun Ibu Kota Baru
PLN: Kelistrikan Ibu Kota Baru Menjadi yang Terbaik di Dunia
Menteri LHK akan Tutup Penambangan Liar di Wilayah Ibu Kota Baru
Putra Mahkota UEA Hingga Tony Blair Jadi Dewan Pengarah Ibu Kota Baru

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini