Jokowi soal produksi Esemka: Tergantung industri, masa presiden bikin pabrik sendiri

Rabu, 24 Oktober 2018 15:57 Reporter : Merdeka
Jokowi soal produksi Esemka: Tergantung industri, masa presiden bikin pabrik sendiri Jokowi Esemka. Merdeka.com/Arie Basuki

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan, jika urusan produksi mobil Esemka, tergantung keputusan dunia industri. Dirinya hanya mendorong agar mobil buatan anak bangsa ini dikembangkan dan diproduksi massal.

Dia mengungkapkan, mobil Esekma pada dasarnya merupakan purwarupa yang dihasilkan oleh anak-anak Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). "Ini kan mobil esemka dulu produk ujicoba, prototipe dari anak-anak SMK dibantu beberapa teknisi dari perusahaan besar. Kemudian jadi yang namanya mobil esemka, kan bagus," ujar dia di ICE BSD, Tangerang, Rabu (24/10).

Ketika menjadi Walikota Solo, lanjut Presiden Jokowi, dirinya hanya mendorong agar mobil esemka ini diuji kelaikanya. Jika memang sudah laik, maka bisa dikerjasamakan dengan industri untuk diproduksi massal.

"Saya waktu jadi walikota hanya mendorong, agar mobil itu bisa uji emisi, uji laik jalan, hanya itu. Setelah jadi diserahkan kepada industri. Mau diproduksi atau tidak, ya bukan urusan kita. Masa Presiden mau bikin pabrik sendiri," ungkap dia.

Menurut Presiden Jokowi, jika mobil Esemka ini benar-benar akan diproduksi massal, maka dirinya akan sangat mengapresiasi. "Itu dikerjakan penuh oleh industri, urusan saya, urusan apa dengan esemka, tidak ada urusan pemerintah. Itu dikerjakan penuh oleh industri, dikerjakan swasta. Kita tidak ikut campur di situ. Tapi kalau jadi, saya akan datang, karena jelas brand Indonesia," tandas dia.

Reporter: Septian Deny
Sumber: Liputan6.com

[bim]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini