Jokowi soal Holding BUMN Pariwisata: Jangan Sampai Muncul Keribetan Baru

Kamis, 13 Januari 2022 19:00 Reporter : Dwi Aditya Putra
Jokowi soal Holding BUMN Pariwisata: Jangan Sampai Muncul Keribetan Baru Bali. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi berharap kehadiran Holding BUMN Pariwisata dan Pendukung atau Injourney dapat membuat sektor pariwisata semakin gesit, lincah serta profesional. Dia juga berharap kehadiran holding ini juga bisa membuat tata kelola menjadi lebih efisien, lebih simpel dan sederhana.

"Jangan sampai justru muncul keribetan-keribetan baru, atau memindahkan persoalan-persoalan lama ke bentuk persoalan-persoalan baru," kata Jokowi saat meresmikan Holding BUMN Pariwisata dan Pendukung atau Injourney, di Lombok, Kamis (13/1).

Menurut Jokowi, kunci untuk bergerak lebih maju ada dua. Pertama perbaikan manajemen dan kedua perbaikan tata kelola. Keduanya penting dilakukan, karena potensi pariwisata di Indonesia masih terbuka lebar.

"Potensi pasar domestik kita ini sangat besar sekali. Tadi disampaikan oleh Pak Menteri Erick Thohir, perjalanan domestik ini mencapai 330 juta perjalanan, 330 juta. Ini potensi yang besar sekali, jangan diambil oleh negara lain," kata Jokowi.

2 dari 2 halaman

Momentum MotoGp dan G20

Pada tahun ini, Indonesia sendiri akan menjadi tuan rumah acara-acara yang berskala internasional. Menurut Jokowi ini menjadi momentum sekaligus lompatan besar bagi sektor pariwisata. Seperti diketahui, pada Maret 2022 ada MotoGP, November ada G20, dan event-event besar lainnya yang mengarahkan dunia kepada Indonesia.

"Karena itu, momen emas ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk mempersiapkan 10 Destinasi Pariwisata Super Prioritas dan menunjukkan pengelolaan destinasi yang bersih, yang rapi, dan profesional," jelasnya.

Terakhir, Kepala Negara itu berpesan agar kemajuan sektor pariwisata ini dapat dirasakan dampaknya oleh masyarakat sekitar. Jangan sampai hanya memperbesar, perbaiki tata kelola, tetapi lingkungan tidak dipikirkan.

"Berikan ruang dan kesempatan kepada masyarakat untuk menjadi bagian, ini penting sekali, menjadi bagian dari kemajuan pariwisata yang ada di daerahnya, menjadi bagian dari kemajuan negara kita Indonesia," katanya.

Baca juga:
Jokowi Resmikan Holding BUMN Pariwisata: Momentum Bangun Kekuatan Besar
Erick Thohir Prediksi Total Aset Holding BUMN Pariwisata Tembus Rp260 Triliun di 2024
Target Holding BUMN Pangan ID FOOD dari Menteri Erick Thohir
Menteri Erick: Program Makmur ke Depan Untuk Peternak dan Nelayan
Menteri Erick: Tanpa Inovasi, Jangan Kaget Indonesia Kalah dari Rwanda

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini