Jokowi Sentil Perbankan Fokus Salurkan Kredit ke UMKM

Rabu, 6 November 2019 12:07 Reporter : Merdeka
Jokowi Sentil Perbankan Fokus Salurkan Kredit ke UMKM Presiden Jokowi. ©2018 Merdeka.com/Titin

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri acara Indonesia Banking Expo 2019. Di sela-sela pidatonya, dia mengingatkan agar jangan Bank BRI saja yang fokus menyalurkan kredit kepada pengusaha-pengusaha kecil atau UMKM.

"Perbankan juga harus dorong penyaluran kredit ke UMKM agar gini rasio dan gap perkembangan jadi kecil. Jangan yang ngurus BRI saja. Saya ingatkan, jangan biayai yang besar-besar saja," tuturnya di Fairmont Hotel, Jakarta, Rabu (6/11).

Jokowi menjelaskan, meski return (untungnya) kecil, pengusaha kecil atau UMKM merupakan tulang punggung masa depan perekonomian bangsa Indonesia.

"Saya tahu kalau membiayai yang kecil biaya tinggi, capek dan untung kecil. Saya tahu. Tapi saya mengajak semuanya untuk mulai mau memperhatikan mereka untuk masa depan bangsa kita," ujarnya.

Tak hanya itu, dia juga menekankan agar perbankan jangan hanya menyalurkan kredit kepada nasabah yang itu-itu saja. "Selain yang besar-besar, juga jangan biayai yang itu-itu saja, kalau bapak ibu di sini tepuk tangan, artinya setuju," jelasnya.

Sebelumnya, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. berhasil menyalurkan KUR senilai Rp50,3 Triliun kepada lebih dari 2,4 juta debitur selama periode Januari hingga Juni 2019. Ini setara dengan 57,8 persen dari target penyaluran KUR BRI yang di breakdown oleh Pemerintah di tahun 2019 yakni sebesar Rp86,97 Triliun.

Corporate Secretary Bank BRI Bambang Tribaroto mengungkapkan bahwa KUR Mikro masih mendominasi penyaluran KUR BRI dimana penyalurannya telah mencapai Rp44 Triliun. Sisanya yakni KUR Kecil mampu disalurkan sebesar Rp6,1 Triliun dan KUR TKI sebesar Rp92 Miliar.

Reporter: Bawono Yadika

Sumber: Liputan6.com [azz]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini