Jokowi Sebut Percepatan Ekonomi Digital Perlu Dukungan SDM

Rabu, 18 November 2020 12:43 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Jokowi Sebut Percepatan Ekonomi Digital Perlu Dukungan SDM Presiden Jokowi. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan untuk melakukan percepatan ekonomi digital dibutuhkan dorongan dari digital talenta. Sebab itu Jokowi meminta pengembangan sumber daya manusia (SDM) IT harus dilakukan.

"Kita perlu lebih banyak lagi software developer kita perlu lebih banyak lagi product Designer dan kita juga memerlukan dukungan content Creator sebanyak-banyaknya," kata Jokowi saat memberikan sambutan 'Google for Indonesia 2020' melalui siaran telekonference, Rabu (18/11).

Jokowi menjelaskan saat ini Indonesia butuh lebih banyak digital talenta. Sebab itu dibutuhkan pelatihan-pelatihan untuk mengasah kemampuan. Sehingga bisa memenuhi kebutuhan 9 juta talenta digital hingga tahun 2035.

"Kita butuh lebih banyak pelatihan-pelatihan untuk mengasah kemampuan SDM IT sehingga mampu menutupi kebutuhan sembilan juta talenta digital nasional hingga tahun 2035 untuk memenuhi target 9 juta talenta digital nasional tersebut, tidak bisa hanya dikerjakan oleh pemerintah tapi harus dilakukan bersama-sama baik oleh pemerintah, perguruan tinggi maupun swasta," ungkap Jokowi.

Dia pun berharap dengan adanya acara tersebut akan memunculkan kontribusi untuk pengembangan SDM dibidang IT Indonesia. Khususnya untuk mengembangkan bisnis UMKM.

"Saya berharap berbagai inisiatif seperti Google for Indonesia 2020 akan terus bermunculan untuk berkontribusi bagi pengembangan SDM di bidang IT Indonesia, membantu UMKM mengembangkan bisnis dan mampu naik kelas. bangkit dan maju bersama untuk Indonesia maju," jelas Jokowi. [azz]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini