Jokowi Sebut Indonesia Punya Kekuatan Produk Ramah Lingkungan

Kamis, 21 Januari 2021 11:23 Reporter : Anggun P. Situmorang
Jokowi Sebut Indonesia Punya Kekuatan Produk Ramah Lingkungan Presiden Joko Widodo. Akun Twitter Joko widodo ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, Indonesia memiliki kekuatan di bidang green product atau lebih dikenal dengan produk ramah lingkungan. Green product tersebut berpotensi dapat meningkatkan daya saing produk Indonesia di pasar global.

"Saya melihat kita miliki kekuatan juga di green product, green economy," ujar Presiden Jokowi dalam acara Peresmian Pembukaan Kompas100 CEO Forum 2021, Jakarta, Kamis (21/1).

Dia menjelaskan, green product menjadi kekuatan jangka panjang di mana semua negara di kawasan mulai melirik untuk menggarap segmen produk yang ramah lingkungan. Salah satunya di Eropa, ada Undang-Undang (UU) yang membatasi produk tak ramah lingkungan.

"Sehingga semuanya ke depan saya lihat green product ini akan berkembang, low carbon, resources efisien, socialy inclusive. Semuanya, kesetaraan sosial, mengurangi risiko lingkungan, efisien sumber daya, ini yang akan berkembang," jelasnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut menambahkan, Indonesia memiliki kesempatan yang besar untuk bisa masuk ke pasar produk hijau atau ekonomi hijau baik dari sisi produksi, distribusi, hingga konsumsi.

"Karena ke depan semakin tingginya kesadaran masyarakat akan lingkungan hidup, ini akan berpengaruh semua terhadap ekonomi, bisnis, global, dan tentu saja akan berpengaruh ke ekonomi kita," tandasnya. [azz]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini