Jokowi Resmikan Tol Kayu Agung Palembang-Betung, Jarak Tempuh Hanya 3,5 Jam

Selasa, 26 Januari 2021 11:54 Reporter : Intan Umbari Prihatin, Irwanto
Jokowi Resmikan Tol Kayu Agung Palembang-Betung, Jarak Tempuh Hanya 3,5 Jam Jokowi Resmikan Tol Kayu Agung Palembang-Betung. ©Biro Pers Sekretariat Presiden

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan jalan Tol Kayu Agung Palembang-Betung (Kapalbetung), Palembang, Sumatera Selatan. Dengan dioperasikannya tol sepanjang 42,5 km tersebut dari mempersingkat waktu dari Pelabuhan Bakauheni ke Palembang.

"Dengan selesai dan beroperasinya jalan tol ini, jarak tempuh dari Bakauheni ke Palembang yang berjarak 373 km yang biasanya ditempuh, ini saya mendengar, biasanya ditempuh 12 jam perjalanan darat. Sekarang hanya perlu waktu 3-3,5 jam," kata Jokowi saat meresmikan Tol Kayu Agung Palembang-Betung, Palembang, Selasa (26/1).

Dia mengatakan, tol tersebut adalah poros terpenting dari jalan Tol Trans Sumatera bagian Selatan. Serta luar terakhir yang menghubungkan Pelabuhan Bakauheni sampai ke Palembang.

"Ini akan menjadi sebuah lompatan besar karena menghemat waktu tempuh hingga 75 persen. Dan efisiensi ini jelas akan memberikan kontribusi pada penurunan biaya logistik dan akan memberikan competitiveness daya saing yang besar bagi Palembang, bagi Lampung," ungkap Jokowi.

Jokowi optimis bisa membangkitkan perekonomian di Pulau Sumatera khususnya Sumatera Selatan. Sebab itu dia meminta kepada Gubernur, Bupati, hingga wali kota untuk bisa menghubungkan pada sentra-sentra ekonomi dan pariwisata.

"Saya titip kepada gubernur, kepada bupati walikota agar jalan tol ini disambungkan pada sentra-sentra ekonomi. Sentra-sentra pariwisata. Kawasan industri. Sentra pertanian, sentra perkebunan. Sambungkan. Berikan akses penghubung ke sana. Manfaat ekonominya akan bisa maksimal," imbuhnya.

Baca Selanjutnya: Selain itu dia juga meminta...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini