Jokowi: Ratusan Gerbong Kereta Api Buatan Indonesia Rutin Lintasi Rel Bangladesh

Selasa, 22 Januari 2019 15:39 Reporter : Merdeka
Jokowi: Ratusan Gerbong Kereta Api Buatan Indonesia Rutin Lintasi Rel Bangladesh PT INKA. ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - PT Industri Kereta Api (Inka) tercatat telah mengirimkan 15 kereta penumpang mulai Minggu 20 Januari 2019 ke Bangladesh.

Pengiriman tersebut dilakukan dari Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur ke Bangladesh. Hal itu disampaikan Presiden Joko Widodo ( Jokowi) dalam akun media sosial Instagram @Jokowi, Selasa (22/1).

Jokowi menulis, pengiriman tersebut merupakan ekspor tahap I dari total 250 gerbong senilai USD 100,89 juta atau sekitar Rp 1,43 triliun (asumsi kurs Rp 14.220 per USD). Ini hasil tender pengadaan kereta penumpang untuk Bangladesh Railway yang dimenangi Inka pada 2017.

"Ratusan gerbong kereta api buatan Indonesia akan rutin melintasi rel-rel di negara Bangladesh," tulis dia.

Adapun saat ini pabrik Inka di Jawa Timur tengah menyelesaikan pesanan dari dalam negeri yakni 438 kereta LRT Jabodebek pesanan PT KAI, rangkaian kereta untuk Filipina dan menggarap potensi di Srilanka.

Melihat kondisi itu, Jokowi menuturkan, pasar kereta api di dunia masih luas dan teknologi maju di bidang ini sudah pula Indonesia kuasai. Oleh karena itu, pemerintah mendukung perluasan pabrik Inka di Banyuwangi, Jawa Timur senilai Rp 1,63 triliun.

Jokowi menulis, perluasan pabrik itu, tenaga kerja lokal di Inka yang kini 3.000 orang dapat ditingkatkan menjadi 8.000 orang.

Unggahan Jokowi tersebut mendapatkan tanda like 414.289 hingga artikel ini dibuat. Selain itu mendapatkan 13.489 komentar. [idr]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini