Jokowi percepat janji pembangunan bendungan dan irigasi

Kamis, 30 Oktober 2014 12:39 Reporter : Yulistyo Pratomo
Jokowi percepat janji pembangunan bendungan dan irigasi Jokowi rapat ekonomi. ©AFP PHOTO/Bay ISMOYO

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kepada Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadi Muljono agar mempercepat pembangunan 47 bendungan dan 7,2 hektare lahan irigasi guna memenuhi janji kampanyenya lalu. Lima bendungan lainnya ditargetkan selesai pada 2015 mendatang.

"Yang sudah kita survei, 47 bendungan sampai saat ini dalam pembangunan (sebanyak) 16, untuk tahun 2014 kita akan percepat proses pengadaannya, karena terhenti tahun politik," ungkap Basuki dalam konferensi pers di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (30/10).

Sementara itu, pemerintah segera menenderkan lima bendungan, yakni Bendungan Krutol di Aceh, Bendungan Pengaraya di Banten, Bendungan Loyo di Kudus, Bendungan Ratnamu di NTT, dan satu bendungan di Kalimantan Timur. Kementerian Keuangan pun sudah mengalokasikan anggaran untuk pembangunan kelima bendungan tersebut.

"Tahun 2015 sudah dialokasikan anggaran oleh Kementerian Keuangan 5 bendungan. Jadi ada 27, dan sisanya 20 bendungan lagi," lanjutnya.

Sementara, pembangunan 7,2 hektare lahan irigasi akan dibagi masing-masing oleh pemerintah pusat, provinsi dan daerah. Tak hanya itu, pemerintah juga akan merehabilitasi 500.000 hektare irigasi yang mengalami kerusakan di seluruh daerah.

"Untuk irigasinya, ada 72 hektar lahan irigasi di Indonesia. 50 Persen ada di kabupaten, 30 persen provinsi dan 20 persen tanggung jawab pemerintah pusat," paparnya. [bim]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini