Jokowi Optimis UU Cipta Kerja Dorong UMKM Go Digital

Rabu, 18 November 2020 11:29 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Jokowi Optimis UU Cipta Kerja Dorong UMKM Go Digital Presiden Joko Widodo. YouTube @Sekretariat Presiden ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan saat ini adalah momentum yang baik untuk melakukan kemajuan. Khususnya di tengah pandemi Covid-19, perkembangan ekonomi digital sangat berpotensi dikembangkan.

"Saya yakin ekonomi digital bisa menciptakan lapangan kerja baru, sektor UMKM juga masih sangat potensial untuk dikembangkan, ada 64 juta UMKM, baru 8 juta atau 13 persen saja yang terintergasi dengan teknologi digital. Jika seluruhnya terintergasi dengan teknologi digital, pertumbuhannya akan semakin besar," kata Jokowi saat memberikan sambutan 'Google for Indonesia 2020' melalui siaran telekonference, Rabu (18/11).

Dia menjelaskan, untuk mendukung ekosistem perekonomian digital yang kondusif, pemerintah menciptakan reformasi regulasi besar-besaran yaitu menciptakan UU Cipta Kerja. Dia mengklaim dengan UU tersebut UMKM akan lebih mudah dalam membuka usaha, tidak hanya itu regulasi yang sebelumnya rumit akan dipermudah menjadi sederhana.

"Dengan UU cipta kerja umkm akan lebih mudah membuka usaha baru. Pemerintah telah mempermudah dengan kredit usaha dengan bunga yang rendah dengan persyaratan yang mempermudah, terutama bagi startup yang baru membuka usaha," kata Jokowi.

Jokowi berharap dengan adanya acara tersebut akan memunculkan kontribusi untuk pengembangan SDM dibidang IT Indonesia, khususnya untuk mengembangkan bisnis UMKM.

"Saya berharap berbagai inisiatif seperti Google for Indonesia 2020 akan terus bermunculan untuk berkontribusi bagi pengembangan SDM di bidang IT Indonesia, membantu UMKM mengembangkan bisnis dan mampu naik kelas. bangkit dan maju bersama untuk Indonesia maju," jelas Jokowi.

Baca juga:
Kerja Sama dengan Australia, Begini Cara Kota Kediri Genjot Ekspor Produk UMKM
Ma'ruf Amin Sebut RI Masih Kekurangan Lembaga Keuangan Mikro Syariah
Imbas Pandemi, Lembaga Keuangan Mikro Alami Dobel Krisis
Sulit Naik Kelas, UMKM Belum Miliki Kapasitas Masuk Perdagangan Global
Pulihkan Ekonomi, Pemerintah Terus Berupaya Bangkitkan Sektor UMKM

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini