Jokowi Optimis 2021 Momentum Indonesia Jadi Negara Maju

Kamis, 21 Januari 2021 10:29 Reporter : Merdeka
Jokowi Optimis 2021 Momentum Indonesia Jadi Negara Maju Presiden Joko Widodo. ©2020 Biro Pers Sekretariat Presiden

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melihat 2021 merupakan momentum tepat bagi Indonesia untuk bangkit dari wabah pandemi Covid-19. Tak hanya sekadar bangkit, dia optimis NKRI bisa bergerak semakin kuat dan tangguh untuk jadi sebuah negara maju.

"Tahun 2021 jadi momentum bangkit. Jika bisa lewati masa krisis ini dengan baik, kita akan lebih siap hadapi tantangan ke depan," kata Jokowi dalam siaran video virtual, Kamis (21/1).

"Transformasi, karena kita akan jadi kekuatan ekonomi baru, semakin tangguh, dan jadi negara maju," seru Jokowi.

Keyakinan ini dipupuknya pasca melihat angka pada indeks kepercayaan konsumen dan Purchasing Managers Index (PMI) yang bergerak naik. "Tapi yang bikin kita optimis, indeks kepercayaan konsumen sudah berada di angka di 92. Purchasing manager index juga sudah berada di angka 51,3. Ini sudah hampir mencapai normal sebelum pandemi," sebutnya.

Selain itu, Jokowi juga mengapresiasi kenaikan harga komoditas seperti batubara, minyak sawit mentah (Crude Palm Oil/CPO), hingga karet yang naik serentak. Menurutnya, itu bakal sangat menunjang pemulihan ekonomi nasional.

"Sehingga dalam medium term, dalam jangka menengah, bahwa new normal ini akan pengaruhi seluruh pola kehidupan dan struktur ekonomi ke depan," pungkas Jokowi.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana

Sumber: Liputan6.com [azz]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini