Jokowi mulai hitung rencana kenaikan harga BBM

Jumat, 29 Agustus 2014 12:19 Reporter : Sri Wiyanti
Jokowi mulai hitung rencana kenaikan harga BBM Pertamina. ©2014 merdeka.com/arie basuki

Merdeka.com - Setelah bertemu dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), presiden terpilih periode 2014-2019 Joko Widodo mengaku tengah melakukan penghitungan anggaran subsidi Bahan Bakar Minyak ( BBM). Ini juga berkaitan dengan makin kuatnya desakan menaikkan harga BBM bersubsidi.

"Masih dalam kalkulasi, penghitungan," kata sosok yang akrab disapa Jokowi tersebut di Balaikota, Jakarta, Jumat (29/8).

Jokowi menegaskan, idealnya anggaran subsidi BBM dialihkan ke sektor-sektor penting pendorong pertumbuhan ekonomi nasional. Selain sektor pendidikan dan kesehatan, sektor usaha produktif dan produksi rumahan dinilai layak mendapatkan alokasi dana dari subsidi BBM.

"Tapi lebih baik memang ada pengalihan subsidi kepada usaha produktif, ke usaha di kampung, usaha-usaha rumah tangga di kampung, petani untuk pupuk, nelayan untuk solar, mesin, dan lain-lain," ucap Jokowi.

Agar subsidi lebih tepat sasaran dan tidak dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak berhak, pencairannya akan disalurkan melalui kartu. Untuk itu perlu dipertimbangkan dari sisi sistem dan infrastrukturnya. "Sistem kartu," singkat Jokowi. [noe]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini