Jokowi Minta Semua Proyek Selesai 2023 agar TaK Ganggu Proses Pemilu

Senin, 8 Agustus 2022 17:42 Reporter : Merdeka
Jokowi Minta Semua Proyek Selesai 2023 agar TaK Ganggu Proses Pemilu Presiden Jokowi. ©2022 Merdeka.com/Biro Pers Sekretariat Presiden

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan seluruh kementerian/lembaga bisa menyelesaikan seluruh proyek pada tahun anggaran 2023. Sehingga tidak sampai terbengkalai di tahun depannya dan mengganggu proses pemilu 2024.

Hal tersebut disampaikan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam sesi konferensi pers usai Sidang Kabinet Paripurna bersama Presiden Jokowi, Senin (8/8).

"Instruksi bapak presiden sebelumnya adalah untuk menyelesaikan proyek. Jadi jangan sampai ada proyek baru yang tidak selesai tahun depan atau tahun 2024. Kemudian untuk mendukung tahapan Pemilu," ujar Sri Mulyani.

Bendahara Negara menyampaikan, untuk belanja kementerian/lembaga pada 2023 jumlahnya mencapai Rp993 triliun. Itu lebih besar dari alokasi anggaran tahun ini yang sebesar Rp965,5 triliun.

Sri Mulyani mengatakan, belanja pemerintah di tahun depan akan difokuskan kepada fokus program nasional untuk SDM, kemudian belanja infrastruktur yang jadi prioritas nasional. Termasuk untuk pembangunan ibu kota negara atau IKN Nusantara.

2 dari 2 halaman

Prioritas Utama

"Prioritas nasional tahun depan adalah SDM tetap menjadi prioritas utama. Kemudian infrastruktur, termasuk IKN dalam hal ini, dan juga penyelenggaraan pemilu yang harus mendapat prioritas dari sisi penganggarannya," bebernya.

Pemerintah pada tahun depan disebutnya akan menggunakan instrumen belanja di tingkat pusat dan daerah untuk bisa mendukung berbagai program-program prioritas nasional, juga dari sisi pembiayaan.

"Seperti, akumulasi dari dana abadi pendidikan yang akan terus dikelola sebagai warisan untuk generasi yang akan datang maupun sebagai shock absorber," kata Sri Mulyani.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana

Sumber: Liputan6.com [idr]

Baca juga:
Tol Serang Panimbang Pangkas Waktu Tempuh Jakarta-Tanjung Lesung Jadi 3 Jam
Ada Proyek KA Layang Solo-Semarang, Rekayasa Lalu Lintas Simpang Joglo Diberlakukan
Bangunan SD di Majalengka Bertahun-tahun Rusak Parah, Sampai Dikeluhkan Siswa
Kementerian PUPR Usul Anggaran Bangun IKN Ditambah Jadi Rp6 T di 2023
Erick Thohir Soal Anggaran Kereta Cepat Bengkak: Lebih Mahal Kalau Ditunda

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini