Jokowi Minta Pelindo Cari Partner Dorong Supply Chain Global

Kamis, 14 Oktober 2021 12:55 Reporter : Merdeka
Jokowi Minta Pelindo Cari Partner Dorong Supply Chain Global Jokowi resmikan merger Pelindo. ©2021 Merdeka.com/Arief Rahman

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan penggabungan PT Pelabuhan Indonesia (Persero). Dia berharap penggabungan ini bisa menjadi celah untuk Pelindo bisa mencari partner bisnis untuk memperluas rantai pasok (supply chain) ke luar negeri.

"Saya minta agar ini dipartnerkan cari partner yang punya networking jaringan luas sehingga nanti terkoneksi dengan negara lain dengan baik," katanya dalam peresmian penggabungan Pelindo dan Pelabuhan Wae Kelambu Labuan Bajo, Kamis (14/10).

Dengan demikian, Jokowi berharap bisa membawa produk buatan dalam negeri bisa disalurkan ke negara-negara lain. Dengan penggabungan perusahaan Pelindo I-IV ini, Jokowi berharap ini juga bisa juga dilakukan oleh perusahaan-perusahaan lainnya.

"Inilah yang kita harapkan nanti perusahaan-perusahaan lain juga seperti itu, jangan sampe kecil-kecil bertebaran sehingga kekuatannya jadi minim, (misal) keuangan modal, kalau bergabung sepeti ini kekuatannya jadi gede," katanya.

Dia pun mengapresiasi jajaran Kementerian BUMN, Kementerian Perhubungan dan Kementerian PUPR serta pihak terkait lainnya dalam penggabungan ini. "Sehingga tadi saya sangat presiasi apa yang dilakukan Menteri BUMN dan jajarannya. Ini (Pelindo) akan jadi kekuatan besar bahwa akan masuk ke 8 besar di dunia," katanya.

Reporter: Arief Rahman H.

Sumber: Liputan6.com [azz]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini