Jokowi minta mendag cari solusi soal bahan baku dan hambatan logistik

Rabu, 11 Oktober 2017 12:35 Reporter : Supriatin
Jokowi minta mendag cari solusi soal bahan baku dan hambatan logistik Presiden Jokowi. ©Setpres RI/Cahyo

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo menyebut ada dua kunci pertumbuhan ekonomi Indonesia, yaitu ekspor dan investasi. Untuk itu, pengusaha diminta untuk terus memperbaiki kualitas produksi barang dan pengiriman.

"Kualitas produksi dan pengiriman barang harus dijaga dan ditingkatkan. Saya pernah mengingatkan, pembeli itu memperhatikan aspek spesifikasi barang harus sesuai pesanan, on budget atau kompetitif dan cocok dengan pesanan, on time," katanya saat membuka Trade Expo Indonesia (TEI) Ke-32 Tahun 2017 di Nusantara Hall Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang, Rabu (11/10).

Khusus kepada kementerian terkait, Jokowi meminta agar mencari solusi terkait persoalan bahan baku dan hambatan di jalur logistik. Sebab, setiap melakukan kunjungan kerja ke berbagai daerah, masyarakat melaporkan mahalnya bahan baku dan kerusakan jalur logistik.

"Seringkali bahan baku jadi mahal dan membuat produksi tidak kompetitif karena dipersulit dengan administrasi dan biaya. Ini harus diperbaiki," tegasnya.

Lebih lanjut, Jokowi meminta Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mendorong hasil produksi lokal ke pasar nontradisional. Hasil produksi lokal juga harus mulai dialihkan ke pasar online.

"Perubahan digital sudah tidak bisa dilawan, dan harus dirangkul untuk meningkatkan perdagangan kita," katanya.

Menutup sambutannya, Jokowi meminta agar pameran dagang dibuat lebih bagus sehingga menarik pembeli mancanegara. Fasilitas Expo juga perlu ditingkatkan kualitasnya sehingga Expo bertaraf kelas dunia.

"Tidak boleh lagi kecil-kecilan dan fasilitas ala kadarnya. Dan saya lihat TEI tahun ini kualitasnya semakin membaik dan saya minta tahun-tahun berikutnya lebih baik lagi," tegas Jokowi. [sau]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini