Jokowi minta karya kerajinan tangan lokal dipasarkan lewat online

Rabu, 27 September 2017 13:54 Reporter : Supriatin
Jokowi minta karya kerajinan tangan lokal dipasarkan lewat online Presiden Jokowi. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo mengingatkan kepada perajin agar melakukan modernisasi hasil kerajinan tangan. Artinya, pengolahan dan kemasan kerajinan tangan harus modern. Kemudian nantinya, pemasaran barang tersebut berbasis online.

"Kita harus kreatif. Contoh produk-produk, tas-tas, harus ada gaya high fashion, seperti merek-merek terkenal di dunia," kata dia saat memberikan sambutan dalam acara pembukaan Pameran Kriyanusa Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Tahun 2017 di Hall A dan B Balai Sidang, Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, Rabu (27/9).

Jokowi juga meminta agar perajin dan usaha kecil menengah (UKM) tidak jalan sendiri-sendiri. Keduanya harus berkolaborasi sehingga membentuk kelompok besar perajin. Dengan begitu, ekonomi nasional akan mendapat dampak positif dari pemasaran hasil kerajinan tangan.

"Harus konsolidasi supaya skala ekonomi besar, bekerja bersama-sama itu penting sekali," ucapnya.

Khusus untuk perajin muda, Jokowi mengajak untuk menerapkan co-sharing office atau kantor bersama. Menerapkan co-sharing office dinilai bisa menekan biaya operasional.

Mengenai pemasaran, mantan Gubernur DKI Jakarta ini menekankan agar bisa memanfaatkan media digital. Misalnya hasil kerajinan tangan dipotret sebagus mungkin kemudian diposting di media sosial.

"Coba bareng-bareng kita sewa fotografer yang bagus untuk buat foto produk yang ada. Dengan gaya yang cocok untuk dipasang di Instagram karena itu medsos isinya gambar semua," jelas Jokowi.

Lebih jauh, hasil kerajinan tangan jangan hanya disebar di pasar nasional, tetapi juga dilempar ke internasional. Oleh karenanya, penting sekali adanya upaya modernisasi kerajinan tangan.

"Saya meyakini produk-produk kita sudah bagus dan tinggal di sisi pemasaran perlu kita perkuat," tegasnya. [sau]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini