Jokowi minta DPD dukung penggunaan dana desa untuk pembangunan

Jumat, 17 November 2017 13:38 Reporter : Supriatin
Jokowi minta DPD dukung penggunaan dana desa untuk pembangunan Presiden Jokowi. ©2017 Biro Pers Istana

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo meminta Dewan Perwakilan Rakyat (DPD) mendukung penggunaan dana desa untuk pembangunan. Menurut Jokowi, pembangunan desa merupakan tanggung jawab bersama termasuk DPD dan pemerintah.

"Mestinya DPD ikut berikan dukungan juga perjuangan dalam mewujudkan kewajiban konstitusional DPD," kata Jokowi saat memberikan sambutan dalam acara sarasehan DPD RI 2017 di Senayan, Jakarta, Jumat (17/11).

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menyebut, pemerintah sudah menggelontorkan dana desa yang cukup besar. Di tahun 2015, pemerintah mengalokasikan dana desa sebesar Rp 20 triliun, kemudian pada 2016 digelontorkan Rp 47 triliun. Di tahun 2018, lanjut Jokowi, pemerintah akan mengalokasikan dana desa sebesar Rp 60 triliun.

"Jadi sudah Rp 127 triliun dana desa digelontorkan ke desa, ke daerah," ujarnya.

Dana desa ini, kata Jokowi, akan difokuskan pada pembangunan infrastruktur kecil di desa. Dengan begitu, nantinya produk pertanian di desa bisa menumbuhkan perekonomian regional.

Tak hanya itu, dana desa juga difokuskan pada proyek padat karya. Mengenai hal ini, Jokowi sudah meminta Kementerian PU PERA, Kementerian Perhubungan, Kementerian Kelautan dan Perikanan untuk segera menyiapkan skemanya.

"Sehingga rakyat bisa bekerja di sana dibayar harian atau maksimal mingguan dan peredaran uang makin merata dan cash untuk rakyat makin banyak," ucapnya.

Setelah menyelesaikan pembangunan infrastruktur di Tanah Air, Jokowi akan mendorong pembangunan sumber daya manusia (SDM). SDM dipandang penting untuk mempersiapkan diri menyambut persaingan global.

"Sehingga persiapan mengantisipasi perubahan-perubahan yang global tidak perlu kita takutkan. Kita harus berani bersaing, berkompetisi, Indonesia negara besar tidak perlu kita takut bersaing," ujarnya. [idr]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini