Jokowi Klaim Produk Indonesia Bisa Bersaing dengan China

Kamis, 9 Januari 2020 11:59 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Jokowi Klaim Produk Indonesia Bisa Bersaing dengan China Presiden Jokowi. ©2018 Merdeka.com/Titin

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengklaim saat ini produk Indonesia bisa bersaing dengan produk China. Hal tersebut terlihat dengan munculnya barang-barang produk Indonesia yang lebih kompetitif dibanding dengan negara tirai bambu tersebut.

"Barang-barang kita ini sekarang dibandingkan barang-barang dari China banyak yang sudah lebih kompetitif, banyak sekali yang sudah lebih kompetitif," kata Jokowi saat membuka rapat Kerja (Raker) Kepala Perwakilan Republik Indonesia dengan Kementerian Luar Negeri di Istana Negara, Kamis (9/1).

Dia juga yakin Indonesia bisa berkompetisi dengan China. Yaitu dengan cara fokus untuk beberapa barang produksi yang bisa mengungguli negara tersebut.

"Berani kita berkompetisi dengan mereka sudah banyak sekali. Jangan sampai kita tidak tahu gol tujuan dari negara ini ke mana," kata Jokowi.

1 dari 1 halaman

UMKM Indonesia Masih Kalah

masih kalah rev1

Sementara Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masduki menyebut bahwa saat ini Indonesia kalah dari China, Korea Selatan, Jepang, dan Thailand dalam pengembangan UMKM ekspor.

Dia menjelaskan, UMKM Indonesia yang memilih ekspor hanya sekitar 14,5 persen dari total usaha yang tersebar di Tanah Air. Dan 70 persen dari total UMKM China berorientasi ekspor.

"Kalau dibandingkan negara lain kita tertinggal, China 70 persen. Korea Selatan 60 persen, Jepang 55 persen dan Thailand 35 persen," kata Teten di Acara Gerakan Warung di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Sabtu (14/12). [idr]

Baca juga:
Target Ekspor UMKM Naik 100 Persen, Menteri Teten Dorong Produk Diminati Tinggi
Jangan Hanya Fokus Investor Asing, Pemerintah Diminta Perhatikan Pengusaha UMKM
Kemenkop dan KPPU Kolaborasi Awasi Mal yang Tak Beri Ruang 20 Persen untuk UMKM
Pemerintah Ajak Pakar Kaji Dampak Omnibus Law ke UMKM
Pemerintah Minta UMKM Korban Banjir Dapat Kompensasi Pembayaran Utang Bank
Penjualan Terompet di 2019 Tak 'Senyaring' Bunyinya

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini