Jokowi ke peserta IMF-World Bank: Kita perlu kerja sama cegah kehancuran dunia

Jumat, 12 Oktober 2018 10:57 Reporter : Merdeka
Jokowi hadiri pertemuan IMF-World Bank. ©Liputan6.com/Angga Yuniar

Merdeka.com - Di acara puncak pertemuan tahunan IMF-World Bank di Nusa Dua, Bali, Presiden RI Joko Widodo mengajak negara dunia bekerja sama dalam menghadapi berbagai masalah terkini. Salah satunya, perubahan iklim dunia.

"Bapak Guterres Sekretaris Jenderal PBB dengan tegas mengingatkan kita kembali. Bahwa waktu sudah sangat mendesak bagi kita untuk bertindak dalam skala besar-besaran guna mencegah kehancuran dunia akibat perubahan iklim global yang tidak terkendali," papar Presiden Jokowi di Nusa Dua, Bali, Jumat (12/10).

Dia mencontohkan perubahan iklim telah meningkatkan intensitas badai dan topan di Amerika Serikat hingga Filipina, sampah plastik di laut diseluruh penjuru dunia yang telah mencemari pasokan makanan di banyak tempat, dan masih banyak lainnya. "Itu semua hanya bisa kita tanggulangi jika kita bekerja bersama," jelas dia.

Maka dari itu, Presiden Jokowi menyerukan penghentian perang dagang antar negara maju dan mulai bekerja sama dalam menghadapi permasalahan ini. "Aliansi antar negara-negara ekonomi maju, sepertinya tengah mengalami keretakan. Lemahnya kerja sama dan koordinasi telah menyebabkan terjadinya banyak masalah," kata Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi mengibaratkan, apa yang terjadi saat ini laiknya film Game of Thrones di mana negara-negara maju tengah saling serang demi menunjukkan kedigdayaannya di dunia. Padahal di sisi lain ada ancaman lain yang perlu diselesaikan bersama demi kelangsungan ekonomi dunia.

Reporter: Ilyas Istianur Praditya

Sumber: Liputan6

[bim]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini