Jokowi Ingin Produk Ekonomi Kreatif RI Tembus Pasar Internasional

Kamis, 6 Oktober 2022 15:33 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
Jokowi Ingin Produk Ekonomi Kreatif RI Tembus Pasar Internasional Jokowi Buka World Conference on Creative Economy. ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka Konferensi ke-3 Ekonomi Kreatif atau World Conference on Creative Economy (WCCE) tahun 2022 di Bali. Jokowi mengatakan, Indonesia akan mengambil peran terdepan untuk membangun ekosistem ekonomi kreatif yang inklusif.

"Indonesia akan mengambil peran terdepan untuk membangun ekosistem ekonomi kreatif yang inklusif, mendorong peran ekonomi kreatif yang lebih besar dalam pemulihan ekonomi global," ucap Jokowi, Kamis (6/10).

Dia ingin ekonomi kreatif akan mampu diperhitungkan sebagai kekuatan ekonomi yang inklusif, tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di negara lain. Untuk itu, dia mendorong untuk terus memacu pengembangan ekonomi kreatif agar menjadi sektor yang futuristik.

"Pengembangan ekonomi kreatif harus terus dipacu agar menjadi sektor futuristik, tumbuh lebih cepat, lebih besar, dan maju," imbuhnya.

Menurutnya, karya ekonomi kreatif saat ini mudah melampaui batas negara dengan perkembangan teknologi digital. "Industri kreatif tidak lagi menjadi produk lokal yang dikonsumsi masyarakat lokal, tetapi industri kreatif dengan mudah menjadi produk global yang mudah dinikmati oleh masyarakat lintas negara," jelasnya.

Dia meyakini ke depan ekonomi kreatif dapat menjadi solusi dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat secara luas dan berkelanjutan karena mampu mendobrak batas geografis, gender, ras, dan strata ekonomi.

"Ekonomi kreatif bisa menjadi pilar utama untuk mendobrak pertumbuhan ekonomi yang inklusif, pertumbuhan ekonomi untuk semuanya," lanjutnya

Jokowi mengapresiasi penyelenggaraan WWCE yang merupakan sebuah inisiatif global sebagi wahana untuk menggaungkan misi kreatif inklusif dengan topik pembahasan relevan. Dia berharap penyelenggaraan WWCE ke-3 dapat menghasilkan 'Bali Creative Economy Roadmap for Global Recovery' untuk mengakselerasi proses pemulihan ekonomi nasional dan global.

"Saya berharap World Conference on Creative Economy (WCCE) ke-3 menghasilkan Bali Creative Economy Roadmap for Global Recovery untuk mengakselerasi proses pemulihan ekonomi nasional dan global yang inklusif dan berkelanjutan," tandasnya. [azz]

Baca juga:
Jokowi Yakin Ekonomi Kreatif Bisa Jadi Tulang Punggung RI di Masa Depan
Jokowi: Ekonomi Kreatif Jadi Solusi Tingkatkan Taraf Hidup Masyarakat
Sandiaga Uno: Nilai Ekspor Produk UMKM Kreatif Indonesia Tembus USD 25 Miliar
Sandiaga Berbagi Tiga Tips ke Pelaku Ekraf Palembang agar Usaha Sukses
Bertemu UMKM Palembang, Sandiaga Jelaskan Program Beli Kreatif agar Usaha Naik Kelas
Black Stone Garage (IMI Lounge) Disiapkan Jadi Tujuan Wisata Otomotif di Jakarta

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini