Jokowi Harap Merger Pelindo Mampu Tekan Biaya Logistik

Kamis, 14 Oktober 2021 12:07 Reporter : Merdeka
Jokowi Harap Merger Pelindo Mampu Tekan Biaya Logistik Presiden Joko Widodo. ©Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan penggabungan empat perusahaan Pelindo I-IV menjadi PT Pelabuhan Indonesia (Persero). Dengan penggabungan ini dinilai mampu menekan biaya logistik di Indonesia yang masih tinggi dibanding negara lain.

"Kita tahu biaya logistik negara kita dibanding negara-negara tetangga, kita masih jauh tertinggal kita ini, mereka logistiknya hanya 12 persen kurang lebih, kita masih 23 persen, artinya tak ada yang efisien," katanya saat meresmikan Penggabungan Pelindo dan Pelabuhan Multipurpose Wae Kelambu Labuan Bajo, Kamis (14/10).

Dia menjelaskan, pembangunan infrastruktur baik pelabuhan, jalan tol dan lainnya adalah upaya pemerintah dalam menekan biaya logistik. "Artinya barang-barang kita kalau kita adu kompetisi dengan produk-produk negara lain (bisa bersaing)," katanya.

Jokowi mengatakan, telah memerintahkan penggabungan Pelindo ini sejak tujuh tahun lalu, namun tak kunjung direalisasikan. Jika tak langsung dibentuk Holding, dia meminta untuk sementara ada proses transisinya seperti virtual holding-nya.

Akhirnya, pada 1 Oktober 2021, Pelindo telah resmi bergabung menjadi perusahaan kepelabuhan yang terintegrasi.

"Hari ini alhamdulillah sudah terjadi (penggabungan) Pelindo I-IV menjadi PT Pelindo. Apa yang ingin kita harapkan dari sini, biaya logistik kita bisa bersaing dengan negara-negara lain, artinya, daya saing kita competitiveness kita akan menjadi lebih baik," katanya.

Dengan penggabungan ini, PT Pelindo diharapkan akan menjadi perusahaan pelabuhan petikemas terbesar ke-delapan di dunia. Serta akan meningkatkan integrasi dan kualitas pelayanan di masing-masing pelabuhan Pelindo.

Reporter: Arief Rahman H.

Sumber: Liputan6.com [azz]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini