Jokowi di Tengah Pandemi: Kita Harus Keluar dari Jebakan Kelas Menengah

Selasa, 28 Juli 2020 10:42 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Jokowi di Tengah Pandemi: Kita Harus Keluar dari Jebakan Kelas Menengah Presiden Jokowi. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Indonesia saat ini sedang alami situasi krisis akibat pandemi Covid-19. Walaupun begitu Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar para menteri tidak melupakan agenda besar yang sedang dicapai saat ini.

"Kita juga tidak boleh melupakan agenda-agenda besar. Agenda-agenda strategis besar bangsa kita," kata Jokowi saat membuka rapat terbatas terkait Rancangan Postur Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun 2021, Selasa (28/7).

Salah satunya, kata dia, yaitu terkait langkah untuk keluar dari middle income. Walaupun kata Jokowi hal tersebut butuh proses yang panjang.

"Terutama dalam langkah langkah-langkah untuk bisa kita keluar dari middle income trap," tegas Jokowi.

Sebelumnya diketahui Bank Dunia menaikkan status Indonesia dari berpendapatan menengah ke bawah (lower middle income country) menjadi negara berpendapatan menengah ke atas (upper middle income country). Kenaikan status tersebut diberikan setelah berdasarkan assessment Bank Dunia terkini, Gross National Income (GNI) per capita Indonesia tahun 2019 naik menjadi USD 4.050 dari posisi sebelumnya USD 3.840.

Sebagaimana diketahui Bank Dunia membuat klasifikasi negara berdasarkan GNI per capita dalam 4 kategori, yaitu: Low Income (USD 1.035), Lower Middle Income (USD 1.036-USD 4.045), Upper Middle Income (USD 4.046-USD 12.535) dan High Income (>USD 12.535).

Klasifikasi kategori ini biasa digunakan secara internal oleh Bank Dunia, namun juga dirujuk secara luas oleh lembaga dan organisasi internasional dalam operational guidelines. Bank Dunia menggunakan klasifikasi ini sebagai salah satu faktor untuk menentukan suatu negara memenuhi syarat dalam menggunakan fasilitas dan produk Bank Dunia, termasuk loan pricing (harga pinjaman). [rhm]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini