Jokowi Desak Kementerian dan Pemda Kebut Belanja Kebutuhan Barang & Jasa

Rabu, 18 November 2020 13:50 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Jokowi Desak Kementerian dan Pemda Kebut Belanja Kebutuhan Barang & Jasa Presiden Jokowi. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kepada Kementerian Lembaga (K/L) dan Pemerintah Daerah (Pemda) untuk segera membelanjakan kebutuhan barang dan jasa sebelum menjelang akhir tahun 2020.

"Pada posisi sulit seperti sekarang ini yang dibutuhkan adalah peredaran uang dan itu berapa dari saat ini memang yang paling diharapkan ada berasal dari konsumsi dan belanja pemerintah," kata Jokowi dalam Rapat Koordinasi Nasional Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Tahun 2020, Rabu (18/11).

Jokowi mengatakan di kuartal II konsumsi pemerintah berada di minus 6 persen, namun di kuartal III konsumsi pemerintah masuk ke tren positif yakni tumbuh 9 persen. Oleh karena itu dirinya meminta agar Kementerian Lembaga dan Pemerintah Daerah untuk betul-betul segera membelanjakan sesuai dengan APBD dan APBN yang ada.

"Ini sudah tanggal 18 November masih ada yang proses konstruksi, ini kontruksi masih dalam proses Rp40 triliun, dan pengerjaannya kapan? tinggal sebulan Ingat tanggal 22 Desember kita dah tutup dan masuk ke libur panjang akhir tahun," ujarnya.

Kendati begitu, Jokowi menegaskan perlunya melakukan perubahan-perubahan yang fundamental dalam sistem pengadaan barang dan jasa. Arahnya bukannya hanya sistem pengadaan barang dan jasa yang cepat, transparan dan akuntabel.

Tapi juga meningkatkan value for money dengan memberikan manfaat yang sebesar-besarnya kepada rakyat pada masyarakat. Karena itu LKPP harus berani melakukan banyak terobosan, terutama dengan memanfaatkan teknologi super modern.

"Bangun sistem pengadaan yang real time, lakukan transformasi ke arah 100 persen manfaatkan teknologi untuk meningkatkan kapasitas pengolahan data pengadaan agar lebih cepat. big data analytics, cognitive computing, AI, blockchain, dan teknologi terbaru lainnya harus mulai digunakan," tegasnya.

Baca Selanjutnya: Monitor Secara Real Time...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini