Jokowi Bertemu Delegasi Jepang, Bahas Proyek Gas Masela

Rabu, 20 November 2019 15:20 Reporter : Supriatin
Jokowi Bertemu Delegasi Jepang, Bahas Proyek Gas Masela Jokowi Bertemu Delegasi Jepang. ©2019 Merdeka.com/Titin Supriatin

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo menerima delegasi Japan Indonesia Association (Japinda) yang dipimpin oleh mantan Perdana Menteri Fukuoda di Istana Merdeka, Jakarta. Dalam pertemuan, Jokowi membahas proyek blok gas Masela.

Jokowi menyampaikan perancangan serta pembebasan lahan proyek Masela sedang dipersiapkan. Proyek tersebut ditargetkan mulai berjalan pada 2022 dan selesai 2027.

"Kemudian terkait dengan program pengembangan Masela, bapak presiden mengharapkan bahwa ini bisa dipercepat. Dan Fukuoda mengatakan bahwa dia menjadi saksi bahwa ini diharapkan bisa ditingkatkan," jelas Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto di Kantor Presiden, Rabu (20/11).

Selain itu, Jokowi menyinggung perlunya peningkatan kerja sama Indonesia-Jepang di sektor agro dan sanitary technology. Jokowi juga ingin kedua negara meningkatkan kerja sama di bidang pariwisata.

Kepada delegasi Japinda, Jokowi menekankan perlunya kerja sama sumber daya manusia (SDM) dan teknologi. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menginginkan Japinda membuat kerangka kerja untuk kerja sama tersebut.

"Fukuoda mengatakan ini akan ditugaskan kepada duta besar untuk berkomunikasi dengan kementerian terkait," imbuhnya.

1 dari 1 halaman

Pemerintah Siapkan Omnibus Law

Airlangga melanjutkan, Jokowi sempat menyampaikan kepada Japinda bahwa pemerintah sedang mempersiapkan omnibus law yang bisa menyelesaikan persoalan investasi di Tanah Air. Dia juga menerangkan bahwa akan dilakukan pemangkasan birokrasi terkait dengan eselon III dan IV.

Sementara itu, salah satu delegasi Japinda, Yamaguchi dari PT Taisei menawarkan diri untuk dilibatkan dalam penanganan banjir di kota Jakarta. Yamaguchi mengaku telah berpengalaman dalam pembangunan hotel dan penanganan banjir.

"PT Taisei sudah 60 tahun di Indonesia termasuk mendirikan hotel Indonesia. Berdasarkan data, PT Taisei punya pengalaman juga untuk mengerjakan pengembangan kota. Dan juga terkait dengan penanganan bencana banjir," ujar Airlangga. [idr]

Baca juga:
SKK Migas: Calon Pembeli Gas Blok Masela Sudah Lakukan Penjajakan
Viktor Laiskodat Sebut Jokowi Setujui Pemprov NTT Dapat 5 Persen dari Blok Masela
Tanimbar Jadi Lokasi Pembangunan Kilang LNG Blok Masela
PGN dan PLN Calon Penyerap Gas Blok Masela
Soal Blok Masela, Jokowi Pastikan Tenaga Kerja dan Produk Indonesia Mendominasi
Bos SKK Migas: Lapangan Gas Abadi Masela Tingkatkan Cadangan Migas RI 300 Persen

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini