Jokowi: Alhamdulillah Masuk Kuartal III Perekonomian Kita Bangkit

Rabu, 11 November 2020 14:39 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Jokowi: Alhamdulillah Masuk Kuartal III Perekonomian Kita Bangkit Jokowi Pimpin Upacara Peringatan Hari Pahlawan di TMP Kalibata. ©Istimewa

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan memasuki kuartal ketiga tahun 2020 perekonomian di Indonesia mengalami pemulihan. Hal tersebut terlihat dari pertumbuhan ekonomi dari kuartal kedua yang sebelumnya minus 5,32 persen kini di kuartal ketiga menjadi minus 3,49 persen.

"Alhamdulillah memasuki kuartal ketiga tahun 2020 perekonomian kita sudah mulai ke arah pulih dan bangkit. Pertumbuhan ekonomi di kuartal ketiga tumbuh minus 3,49 persen year on year. Artinya sudah mengalami peningkatan pertumbuhan ekonomi 1,83 persen di kuartal ketiga dibandingkan dengan kuartal yang ke 2," kata Jokowi saat menghadiri HUT Partai NasDem melalui siaran telekonference, Rabu (11/11).

Walaupun menuju angka positif, Jokowi meminta agar seluruh pihak tidak berpuas diri. Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut juga meminta agar hasil tersebut dijadikan pacuan lebih keras lagi dalam bekerja.

"Kita tidak boleh puas dengan gejala positif ini, kita harus bekerja keras untuk membuka lapangan kerja, kita harus bekerja keras untuk meningkatkan pengembangan umkm secara besar besaran yang mampu bersaing di pasar global," ungkap Jokowi.

Jokowi juga mengatakan keputusan Amerika Serikat melalui United States Trade Representative (USTR) untuk memperpanjang pemberian fasilitas Generalized System of Preferences (GSP) kepada Indonesia, mampu memberikan kesempatan untuk memperbaiki investasi di Indonesia. Yaitu tanah air memperoleh fasilitas keringanan dan pembebasan bea masuk barang Amerika ke Indonesia.

"Sehingga produk dalam negeri kita produk umkm kita lebih bisa bersaing dengan produk negara-negara lain. Bahkan makannya lebih dari itu, bahwa kita memperoleh kepercayaan besar dari masyarakat internasional," kata Jokowi. [rhm]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini