Jokowi Ajak Negara G7 Investasi Energi Bersih di Indonesia

Selasa, 28 Juni 2022 15:25 Reporter : Siti Nur Azzura
Jokowi Ajak Negara G7 Investasi Energi Bersih di Indonesia Presiden Joko Widodo. ©Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak negara-negara anggota G7 untuk berinvestasi dalam sektor energi bersih di Indonesia. Indonesia berpotensi menjadi kontributor energi bersih yang sangat besar baik itu yang berada di perut bumi, di darat, maupun di permukaan laut.

Akan tetapi untuk memenuhi potensi tersebut, Indonesia membutuhkan investasi dengan jumlah besar disertai transfer teknologi.

"Presiden juga menyampaikan bahwa Indonesia memerlukan investasi besar dan teknologi rendah karbon guna mendukung transisi menuju energi bersih yang cepat dan efektif," kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam keterangan pers yang disiarkan kanal YouTube resmi Sekretariat Presiden, Selasa (28/6).

Dia menjelaskan, Indonesia membutuhkan investasi sekira USD25-30 miliar untuk memuluskan upaya transisi energi selama delapan tahun ke depan. Proses transisi energi tersebut juga diyakini dapat dioptimalkan sebagai motor pertumbuhan ekonomi, membuka peluang bisnis, maupun lapangan kerja baru.

"Dan Presiden mengajak negara G7 untuk berkontribusi dalam memanfaatkan peluang ini, terutama investasi di sektor energi bersih di Indonesia, termasuk pengembangan ekosistem mobil listrik dan baterai lithium," imbuhnya.

Menlu menyampaikan pula bahwa Presiden menutup pernyataannya di forum tersebut dengan meminta dukungan dan kehadiran semua negara G7 dalam KTT G20 di Bali, akhir tahun ini. [azz]

Baca juga:
Jokowi & PM Inggris Boris Johnson Sepakat Perkuat Kerja Sama Bidang EBT dan Pangan
Jurus Pertamina Jadi Perusahaan Hijau, Tak Lagi Andalkan Produk Mencemari Lingkungan
Indonesia Jadi Negara Terendah dalam Pemanfaatan PLTS di Asia Tenggara
Pemanfaatan Energi Baru Terbarukan di Indonesia Ternyata Baru 0,3 Persen
Anggota DPR Khawatir Nasib Pekerja di Masa Depan, Ini Solusinya
Industri Cangkang Sawit Dinilai Punya Prospek Besar Bagi Indonesia

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini