JK Bertemu Wapres Argentina, Bahas Peningkatan Perdagangan

Selasa, 7 Mei 2019 14:19 Reporter : Intan Umbari Prihatin
JK Bertemu Wapres Argentina, Bahas Peningkatan Perdagangan Wapres JK Bertemu Dengan Wapres Agentina. ©2019 Merdeka.com/Intan Umbari Prihatin

Merdeka.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla melakukan pertemuan bilateral dengan Wakil Presiden Argentina, Gabriela Michetti di Istana Wakil Presiden guna membicarakan beberapa hal, salah satunya yaitu terkait peningkatan ekspor. Sebab, nilai perdagangan Indonesia dengan Argentina masih defisit.

"Selama ini nilai perdagangan kita mencapai USD 2 miliar dan kita masih defisit yang besar karena kita masih membeli hasil hasil pertanian dari Argentina sehingga ini kita perlu kerja sama yang lebih baik lagi (meningkatkan ekspor)," kata JK usai bertemu di Istana Wakil Presiden, Selasa (7/5).

Di tempat yang sama, Gabriela juga berterima kasih kepada Indonesia karena diterima dengan baik. Dan dia menjelaskan ada beberapa peluang kerja sama seperti perdagangan, investasi serta kerja sama teknik.

"Kami berterima kasih kepada bapak wapres RI yang sudah menyediakan waktu untuk pertemuan hari ini, sebagaimana telah disampaikan Pak Wapres RI hari ini kami telah membicarakan peluang kerja sama, peningkatan kerja sama perdagangan, investasi dan kerja sama teknik," sambung Gabriela.

Walaupun belum ada kesepakatan yang resmi, pemerintah akan terus membahas terkait kerja sama peningkatan investasi dua negara, yaitu ekspor dan impor. "Kerja sama untuk merealisasikan apa yang diperjanjikan atau ditanda tangani juga mencapai hasil yang optimal," ungkap Gabriela.

Selain itu, pengusaha asal Argentina juga tertarik untuk menanamkan modal di Asia Tenggara khususnya Indonesia, dalam mengembangkan agroindustri dan industri pangan. argentina juga tertarik mengembangkan infrastruktur.

"Jadi, Argentina bisa tertarik juga untuk kerja sama di bidang pembangunan sektor publik maupun sektor swasta di bidang infrastruktur," ungkap Gabriela. [azz]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini