Jika program bansos kementerian terintegrasi, angka kemiskinan turun 4 persen

Kamis, 7 Desember 2017 16:21 Reporter : Wilfridus Setu Embu
48.290 Warga Cilacap terima bansos PKH. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Deputi Bidang Kependudukan dan Ketenagakerjaan Kementerian PPN/Bappenas Pungky Sumadi mengatakan, jika berbagai program bantuan sosial diintegrasikan, maka akan dapat menurunkan kemiskinan hingga 4 persen. Apalagi jika penerima bantuan berdasarkan dari satu data.

"Integrasi itu bisa turunkan kemiskinan antara 2 persen sampai 4 persen. Artinya potensi menurunkan kemiskinan bisa sampai 8,6 persen sampai 6,6 persen. Single digit," ungkapnya di Kantor Bappenas, Jakarta Pusat, Kamis (7/12).

Keuntungan lain yang akan diperoleh bila integrasi program bantuan dilakukan adalah jumlah anggaran yang dikeluarkan tidak perlu ditambah. "Itu tanpa tambahan anggaran. Hanya dengan koordinasi data, koordinasi pelaksanaan. Kita tidak perlu uang tambahan kok. Asal dijadikan satu," kata dia.

Integrasi program bantuan sosial, menurut dia, akan memudahkan masyarakat untuk mengakses berbagai jenis bantuan tersebut sesuai dengan haknya.

"Misalkan satu keluarga sangat miskin, selama ini cuma dapat PKH. Maka nanti bisa dapat 3 atau 4 program. Langsung saya punya kartu yang bisa beli gas, bisa ngirim anak sekolah, bisa BPJS. Itu yang kita inginkan kan," jelas Pungky.

Namun, integrasi program-program sosial belum benar-benar dapat dieksekusi secara total. Mengingat belum adanya koordinasi antara Kementerian/Lembaga.

"Itu (koordinasi) tidak terjadi saat ini. Masing-masing Kementerian/Lembaga punya program sendiri dan mereka dikejar berdasarkan Undang-Undang mengenai keberhasilan penggunaan program," ujarnya.

[bim]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.