Jerman Tertarik Kembangkan Kendaraan Listrik di Indonesia

Kamis, 3 Oktober 2019 15:40 Reporter : Dwi Aditya Putra
Jerman Tertarik Kembangkan Kendaraan Listrik di Indonesia Ilustrasi mobil listrik. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan menerima Perdana Menteri Negara Bagian Niedersachsen, Jerman, Stephan Weil, untuk membahas rencana kerjasama antara Indonesia dan Jerman. Salah satunya terkait dengan kendaraan listrik.

"Jadi dia itu melihat mobil listrik melihat Indonesia itu menjadi picture dari mobil listrik. Mereka juga akan masuk ke sini mereka minta saya rencana Indonesia itu gimana saya jelaskan," kata Menko Luhut ditemui di Kantornya, Jakarta, Kamis (3/10).

Sementara itu, Stephan Weil mengakui kedatangannya ke Menko Luhut ingin berdiskusi lebih banyak terkait perkembangan yang ada di Indonesia. Tak hanya mengenai kendaraan listrik, namun juga mengenai persoalan sampah.

"Ini pertama kali saya bertemu dengan Pak Luhut, dia orang yang sangat hebat. Kita bicara soal potensi kerja sama Indonesia dan Jerman, mulai dari manajemen sampah sampai hingga industri mobil," kata Weil.

Terkait dengan kendaraan listrik, Weil mengaku tertarik dan ingin kerja sama dengan pabrikan industri mobil di tempatnya. "Saya terkesan dengan gerakan mobil listrik di Indonesia. Kita punya pabrik mobil, Volkswagen salah satu yang terpenting di Lower Saxony. Saya optimis ada kerja sama dalam hal ini," kata Weil.

Kendati demikian, dalam pertemuan ini pihaknya belum menyetujui apapun. Nantinya, dalam waktu dekat akan kembali menggelar pertemuan bersama Menko Luhut.

"Kita sepakat dalam banyak hal, tapi ini diskusi pertama. Belum ada hasil konkretnya. Dia (Luhut) akan datang ke Jerman beberapa minggu lagi melanjutkan diskusi," pungkas Weil. [azz]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini