Jelaskan Kondisi Ekonomi, Menko Luhut Bilang Kalau Kritik Jangan Kampungan

Jumat, 5 April 2019 16:11 Reporter : Aksara Bebey
Jelaskan Kondisi Ekonomi, Menko Luhut Bilang Kalau Kritik Jangan Kampungan Menko Luhut Panjaitan. ©Humas Kemenko Kemaritiman

Merdeka.com - Menteri Koordinator Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan, menegaskan pertumbuhan ekonomi Indonesia sudah baik. Indikator menurutnya dari jumlah masyarakat kelas menengah yang sudah meningkat.

Saat ini, dari catatannya ada 55 juta orang yang masuk dalam kategori tersebut. Mereka tersebar merata di seluruh Indonesia di mana terbanyak terdapat di Jawa dan Sumatra.

"Daerah Timur mulai juga, seperti daerah Morowali misalnya, itu dia bisa dapet income per kapita tahun 2022 itu USD 30.000 sampai USD 35.000. Lebih tinggi daripada rata rata nasional. Karena apa? Lapangan kerja disana sangat bagus," jelasnya saat ditemui usai acara diskusi nasional bertajuk 'Indonesia 2045: Berdaulat, Maju, dan Berpengaruh pada Tataran Global' di Bandung, Jumat (5/4).

Dia menegaskan, banyak pelaku ekonomi global dan pengamat independen, menyepakati prediksi ekonomi Indonesia terus bagus. Maka, dia heran ada orang Indonesia yang justru meragukan capaian tersebut.

"Kalau ada orang kita yang cerita utang kita yang berlebihan segala macem, itu tidak benar. Banyak bankers lah independen mengatakan tanpa ada pembangunan infrastruktur ekonomi kita akan goyang," katanya.

Dengan tren yang baik ini, Indonesia bisa masuk dalam jajaran negara besar. Namun, kuncinya anak muda harus mengimbangi perkembangan dunia. "Ya saya kira saat ini tergantung milenial, generasi kamu. Kalau kalian hatinya tidak bagus, berpikir busuk saja seperti yang banyak ditularkan oleh intelektual kita, ya tidak bisa kecapai," terangnya.

"Jadi kalau mau Indonesia kita ini bagus, kalau mau kritik yang positif, yang membangun. Jangan kritik kampungan," sambung Menko Luhut. [bim]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini