Jeff Bezos Beberkan 3 Hal Kerap Ditanya Saat Wawancara dan Cara Jawabnya

Senin, 26 Oktober 2020 07:00 Reporter : Merdeka
Jeff Bezos Beberkan 3 Hal Kerap Ditanya Saat Wawancara dan Cara Jawabnya Jeff Bezos. CNBC©2015

Merdeka.com - Wawancara kerja sangat penting dalam proses perekrutan dan seleksi calon karyawan. Di tahap ini, pelamar memiliki kesempatan untuk lebih mengenal perusahaan, dan perusahaan juga dapat mengenal potensi atau kompetensi pelamar dengan lebih detail.

Dalam mencari dan melamar pekerjaan dibutuhkan resume yang mengesankan untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Selain itu pada tahap wawancara kerja pun, perlu disiapkan dengan matang untuk mengetahui potensi dari calon karyawan yang akan bekerja di perusahaan Anda.

"Perusahaan perlu untuk mempertahankan standar yang tinggi dan menguraikan 3 pertanyaan kunci yang perlu dipertimbangkan oleh para pemimpin sebelum mempekerjakan karyawan baru," kata Bezos dilansir CNBC.

Pada tahun-tahun awal mencari karyawan, Jeff Bezos sendiri sangat berhati-hati dalam mempekerjakan karyawan. "Salah satu motonya adalah bahwa setiap kali mempekerjakan seseorang, dia harus menaikkan standar untuk karyawan berikutnya," ujar Nicholas Lovejoy, yang bergabung dengan perusahaan sebagai karyawan kelima pada tahun 1995.

Berikut pertanyaan abadi yang harus dipikirkan oleh manajer perekrutan dan pelamar sebelum wawancara kerja, menurut Jeff Bezos.

1. Apakah Anda akan mengagumi orang ini?

"Jika Anda berpikir tentang orang-orang yang dikagumi dalam hidup, mereka mungkin orang-orang yang dapat Anda pelajari atau ambil contoh darinya," ujar Bezos.

Kiat wawancara kerja untuk kandidat:

Bezos telah mewawancarai ratusan orang sepanjang karir dan dua sifat mengagumkan yang selalu saya cari adalah integritas dan kepemimpinan.

Beliau melakukan ini dengan meminta mereka menjelaskan saat mereka harus menangani situasi sulit. Pada dasarnya Bezos ingin mengetahui apakah mereka menggunakan diplomasi? Apa niat mereka? Bisakah mereka dipercaya? Bagaimana proses berpikir mereka untuk mengatakan mereka sebagai pribadi?

Baca Selanjutnya: 2 Apakah orang ini akan...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini