Jawab kebutuhan penambang, SegWit2X reborn dengan kapasitas besar

Rabu, 27 Desember 2017 14:54 Reporter : Ayu Miranti
SegWit2X reborn. ©SegWit2X

Merdeka.com - Aktivitas transaksi bitcoin semakin meningkat seiring dengan tinggnya penetrasi digital. Masalahnya, semakin tinggi transaksi bitcoin, beban yang dihadapi blockchain meningkat pula. Tiap block selama ini hanya menampung 1MB data. Tak heran bila transfer data melambat karena volume transaksi lebih besar dari daya tampung tiap block. Hasilnya, penambang butuh waktu lama untuk konfirmasi karena block yang dibutuhkan lebih banyak.

Segwit (segregated witness), pemindah data di luar jaringan Bitcoin utama demi meningkatkan kapasitas, Sempat mati suri sejak November 2017 lalu. Namun pengembang memutuskan lahirkan kembali SegWit sebagai solusi masalah transfer data bitcoin.

SegWit2X akan diluncurkan pada 28 Desember 2017, dan diharapkan jadi kado tahun baru untuk komunitas kripto. Dan yang namanya kelahiran kembali alias reborn, hambar rasanya tanpa perubahan yang signifikan.

Lalu, apa yang baru dari SegWit2X?

Usulan untuk upgrade ukuran blok dan peningkatan skalabilitas Bitcoin dari pengembang jadi poin andalan munculnya SegWit2X. SegWit2X diluncurkan kembali bersama tim pengembang yang terdiri dari pimpinan startup dan penambang Bitcoin.
Block No. 501451 direncanakan mulai berproduksi di penghujung Desember ini. Hal ini sekaligus menjadi kado Natal dan tahun baru untuk seluruh komunitas kripto.

Selain menetapkan Segregate Witness, tim pengembang juga telah menetapkan beberapa pembaharuan, di antaranya :

Peningkatan ukuran block size increased hingga 4MB
Tingkat produksi block 2,5 menit
Format alamat yang unik
Perhitungan ulang kompleksitas setiap block
Perlindungan terhadap transaksi berulang
Menggunakan alogaritma enskirpsi X11.

Berikut peningkatan positif yang direncanakan menurut Roadmap :

Kode offline
Dukungan untuk lightning network, transaksi instan
Zksnark
Ethereum smart contracts
Transaksi anonim.

Pengembang janjikan rasio 1:1

Tim pengembang yang berpengalaman menyatakan, mereka akan melanjutkan kegiatannya berdasarkan peluncuran proyek yang ditangguhkan pada situsnya. Namun, perdagangan berjangka masih dilakukan di sejumlah bursa kripto dengan harga mendekati 0.01 BTC.

Selama hard fork di blok 501451, Bitcoin SegWit2X tidak hanya lahir kembali, tapi juga akan membuat jaringan yang lebih baik. Selain itu, Bitcoin SegWit 2X akan memberikan jaminan kepada semua pemegang BTC, yang nantinya akan menerima B2X dengan rasio 1: 1 dan para pengguna akan mendapatkan bitcoin baru Swgwt2x koin dalam rasio tersebut jika mereka menyimpan dananya di bursa yang telah ditentukan pada saat fork. Lalu akan ada juga kemungkinan untuk mendapatkan koin dengan menambah private key di dompet Bitcoin Swgwt2x. Tapi pilihan ini baru akan tersedia beberapa saat setelah diadakan pengujan.

Di beberapa bursa berjangka, fork ini sudah diperdagangkan kamu dapat cek pergerakannya di https://coinmarketcap.com/, biayanya bertambah hingga tiga kali lipat, setelah adanya pengumuman dimulainya kembali proyek tersebut.
Fork tersebut terdapat perubahan, diantaranya, munculnya HitBTC yang akan mendukung kerja BTC hard fork dan IGNIS airdrop, lalu pertukaran dengan jumlah yang sangat besar dengan omzet lebih dari 1 miliar dollar per hari. Pertukaran tersebut dapat dilakukan di https://exrates.me, https://yobit.net , https://zumminer.com, www.webmoney.ru, bitcoin.co.id.

Tapi bagi dompet pertukaran bitcoin yang tidak mendukung fork ini lalu penggunanya tidak mendapatkan koin, itu berarti tanggung jawab mereka sendiri, maka dari itu peran dukungan dari masyarakat sangat penting kalau para komunitas kripto ingin mendapatkan bonus tahun baru.

Jangan lupa klik tautan berikut ini atau join di Telegram untuk melihat perkembangan Bitcoin SegWit2X dan social media segwit di Https://Bitcointalk.org/index.php?Topic=2595620, Twitter dan Facebook. [ayu]

Topik berita Terkait:
  1. Advertorial

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini