Jasa Marga cari lahan murah kembangkan kawasan industri

Jumat, 17 Agustus 2018 11:31 Reporter : Merdeka
Jasa Marga cari lahan murah kembangkan kawasan industri Desi Arryani. ©facebook.com/Desi Arryani

Merdeka.com - Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk Desi Arryani mengatakan pihaknya berencana untuk membangun kawasan industri di wilayah dengan harga lahan yang masih murah namun potensial.

Melalui anak usaha PT Jasa Marga Properti (JMP) yang telah berdiri sejak 2013, pihaknya ingin memperluas sektor bisnis properti di pesisir jalan tol yang perseroan kelola.

"Karena selama ini kita cuman bangun tol, bangun sarananya, tapi enggak masuk bisnis propertinya. Jasa Marga Properti ini sebenarnya sudah lahir cukup lama, tapi belum besar. Sekarang kita sedang improve untuk mengembangkannya di mulut jalan tol," paparnya di Balikpapan, Jumat (17/8).

Saat ini, JMP masih fokus mengembangkan bisnisnya di Pulau Jawa dulu, seperti pembangunan proyek residensial di Sidoarjo dan Pandaan, Jawa Timur.

"Kita juga punya gedung perkantoran Office One di Ciledug, pinggir tol JORR (Jakarta Outer Ring Road). Kalau kita sudah punya branding Jasa Marga Properti yang bagus baru kita akan masuk keluar Jawa," ungkap dia.

Desi menyebutkan, JMP juga tertarik untuk mengembangkan kawasan industri di wilayah Jabodetabek. Namun ia menyayangkan harga lahan atau tanah di pesisir Jakarta yang kian hari kian mahal.

"Kami juga mau kembangkan industrial state atau kawasan industri seperti yang kini sudah ada di Jababeka atau Cikarang. Cuman harga tanahnya (di Jabodetabek) mahal, mahal banget," keluhnya.

Oleh karena itu, JMP akan mengantisipasinya dengan coba membuka lahan di sepanjang koridor Tol Trans Jawa yang dikelola Jasa Marga untuk selanjutnya membangun kawasan industri.

"Dan tanahnya masih jauh lebih murah kan. Kalau di kota komersial, tanahnya mahal. Tapi bukannya enggak ada, kayak Pandaan di Jawa Timur itu bagus banget. Kita akan kembangkan lebih high level," ujar dia.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana

Sumber: Liputan6.com [azz]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini