Jangan Remehkan Pekerjaan Pertama Anda, Ini Penjelasan Jack Ma

Jumat, 25 Januari 2019 07:00 Reporter : Siti Nur Azzura
Jangan Remehkan Pekerjaan Pertama Anda, Ini Penjelasan Jack Ma Jack Ma Alibaba. ©Reuters

Merdeka.com - Pengusaha Miliarder Jack Ma mengatakan meski pekerjaan pertama akan sangat penting bagi seseorang. Meski pekerjaan tersebut bukan pekerjaan impian atau pekerjaan yang Anda sukai, namun pekerjaan tersebut bisa menjadi tempat belajar dan menyesuaikan diri.

"Belum tentu perusahaan yang memiliki nama besar, (tetapi) Anda harus menemukan bos yang baik yang dapat mengajari Anda bagaimana menjadi manusia. Bagaimana melakukan sesuatu dengan benar, bagaimana melakukan sesuatu dengan benar, dan (Anda harus) tetap di sana," kata Jack Ma dilansir CNBC Make It.

Dia menjelaskan, untuk mengetahui kemampuan diri, maka Anda harus bertahan di pekerjaan pertama. Di sana Anda bisa menyesuaikan diri untuk dunia kerja, dan menemukan bidang yang sesuai dengan kemampuan Anda.

Jack Ma yang telah memimpin hampir semua dekade e-commerce Cina, mengatakan dia melihat pekerja muda sering berhenti dari pekerjaan mereka sebelum waktunya tanpa mengetahui di mana kemampuan Anda. Menurutnya, generasi milenial lebih mudah berhenti kerja dan menilai bahwa gaji yang paling penting dalam sebuah pekerjaan.

Dia pun menceritakan mengenai dirinya yang memulai karir sebagai guru bahasa Inggris di Hangzhou, China sebelum bergabung bersama dengan sekelompok pendiri di akhir tahun 90-an untuk menciptakan apa yang akan menjadi salah satu perusahaan paling berharga di dunia.

"Salah satu alasan saya bertahan selama 20 tahun adalah karena saya seorang guru," kata Ma, merujuk karirnya di Alibaba.

Menurutnya, dengan mengajar membantunya belajar mengidentifikasi orang-orang berbakat dan mengilhami mereka untuk unggul. Memiliki keterampilan itu memungkinkannya untuk membangun dan mengelola tim yang kuat di Alibaba.

"Ketika saya merekrut orang, saya merekrut orang yang lebih pintar dari saya. Orang yang empat, lima tahun kemudian bisa menjadi bos saya. Saya suka orang yang positif dan yang tidak pernah menyerah," tambahnya.

Ma, yang mengundurkan diri sebagai ketua eksekutif Alibaba pada September 2018, mengatakan dia berharap untuk kembali ke karir mengajarnya di masa depan. [azz]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini