Jangan Kecil Hati Jika IPK Anda Rendah, Ini Tips Agar Cepat Dapat Kerja

Selasa, 24 Mei 2022 07:30 Reporter : Siti Nur Azzura
Jangan Kecil Hati Jika IPK Anda Rendah, Ini Tips Agar Cepat Dapat Kerja ilustrasi melamar kerja. © glassdoor

Merdeka.com - Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tinggi memang menjadi sesuatu yang membanggakan dan dapat meningkatkan peluang untuk dilirik perusahaan ketika melamar pekerjaan. Meski demikian, bukan berarti yang memiliki IPK rendah tidak memiliki peluang untuk mendapat kerja.

Sebab, bekerja tidak hanya dinilai dari IPK, namun dari kreativitas, keterampilan komunikasi, dan keterampilan bersosialisasi yang merupakan beberapa aspek yang sama pentingnya dengan kemampuan akademis dalam dunia kerja.

Saat ini, sudah banyak perusahaan yang lebih memperhatikan aspek-aspek tersebut. Selain itu, luasnya networking yang Anda miliki juga dapat meningkatkan peluang untuk mendapatkan pekerjaan di industri yang diinginkan.

Meskipun ada beberapa perusahaan yang memiliki persyaratan IPK minimal 3.00, banyak juga perusahaan yang bahkan tidak menanyakan berapa IPK Anda ketika masa rekrutmen.

Berikut tips agar Anda bisa cepat dapat kerja meski memiliki IPK rendah, dikutip JobStreet.

2 dari 5 halaman

Magang di Perusahaan Terkenal

Untuk membuat Anda lebih menonjol dari kandidat lain yang memiliki nilai akademis yang sempurna, Anda dapat mulai mencari pekerjaan magang di perusahaan-perusahaan terkenal untuk mengisi bagian pengalaman di resume.

Pekerjaan magang dapat menjadi tempat untuk mempelajari dan memperdalam hard skill di bidang yang ingin ditempuh. Pekerjaan magang juga dapat memberikan Anda kesempatan untuk mengembangkan soft skill yang dibutuhkan nantinya di pekerjaan tetapmu seperti manajemen, organisasi, pemecahan masalah, dan teamwork.

Anda juga bisa mencoba melamar pekerjaan magang di perusahaan-perusahaan terkenal. Jika diterima, Anda bisa meningkatkan peluang untuk dilirik perusahaan yang diinginkan untuk pekerjaan full-time di masa depan.

Memiliki satu atau lebih pengalaman magang di perusahaan-perusahaan terkenal juga dapat menunjukkan bahwa Anda cukup kompeten, memiliki keinginan belajar yang tinggi, dan dapat dipercaya secara profesional. Selain itu, ini juga bisa menunjukkan bahwa meskipun lulusan baru, Anda mampu bekerja mandiri dan dapat diandalkan.

3 dari 5 halaman

Manfaatkan Kegiatan Organisasi dan Ekstrakulikuler

organisasi dan ekstrakulikuler rev2

Jika pernah mengikuti kegiatan organisasi atau ekstrakurikuler di kampus, Anda dapat mencantumkan pengalaman dan pencapaian dalam resume. Memiliki pengalaman organisasi dan ekstrakurikuler dapat memberikan nilai tambah di mata perekrut.

Selain itu, pengalaman organisasi juga dapat menunjukkan bahwa Anda adalah seseorang yang memiliki semangat untuk mengeksplor hal-hal baru di luar pengalaman akademis di kampus.

Memiliki pengalaman organisasi dan ekstrakurikuler juga berarti kamu sudah memiliki dasar soft skill yang dibutuhkan dalam sebuah pekerjaan seperti kemampuan kepemimpinan, perencanaan kegiatan, serta kemampuan pemecahan masalah. Pastikan Anda mencantumkan jabatan, masa jabatan, serta deskripsikan pengalaman di organisasi kampus yang relevan dengan pekerjaan yang dilamar.

4 dari 5 halaman

Bekerja Freelance

rev1

Dengan semakin berkembangnya teknologi, opsi pekerjaan juga semakin luas dan tidak terbatas dengan pekerjaan full-time di satu perusahaan. Sekarang sudah banyak tenaga kerja yang mengeksplor opsi karir lain seperti pekerjaan freelance.

Selain memiliki jadwal yang lebih fleksibel, pekerjaan freelance juga dapat membantu pekerja untuk memiliki lebih banyak kontrol terhadap banyaknya pekerjaan yang diambil. Jika Anda lulusan baru yang memiliki IPK rendah, mencoba mengambil pekerjaan freelance dapat memberikan kesempatan untuk mengasah skill teknis yang sudah Anda kuasai serta memperbanyak pengalaman kerjamu dari proyek yang diambil.

Saat ini, banyak jenis pekerjaan freelance yang dapat Anda eksplor di berbagai industri seperti desainer grafis di industri kreatif, konsultan nutrisi di industri makanan dan minuman, personal trainer di industri kesehatan, dan tutor di industri pendidikan.

5 dari 5 halaman

Perluas Jaringan

jangan kecil hati jika ipk anda rendah, ini tips agar cepat dapat kerja

Membangun networking dapat membantu untuk memperbesar kesempatan mendapatkan pekerjaan pertama jika Anda memiliki IPK rendah. Membangun networking artinya menjalin hubungan dengan kolega yang dapat Anda ajak bertukar informasi, ide, dan peluang profesi di bidang tertentu.

Dengan memiliki relasi profesional yang luas, Anda dapat memiliki kesempatan untuk berkonsultasi soal karir dan mendapatkan referral yang sangat menguntungkan untuk terjun ke pekerjaan pertamamu walaupun Anda memiliki IPK yang rendah. [azz]

Baca juga:
Jangan Sedih Jika Tak Kunjung Dapat Kerja, 5 Hal Ini Bisa Memotivasi Anda
Cara Mengelola Keuangan Anak Kos, Ini Tips dan Triknya
Mengenal Program Dana Pensiun, Ragam Jenis dan Manfaatnya
Tips untuk Bisa Segera Terbebas dari Jerat Utang

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini