Jamin Keamanan, Pemerintah Pastikan Pengadaan Vaksin di RI Mengikuti Standar WHO

Selasa, 27 Oktober 2020 18:02 Reporter : Dwi Aditya Putra
Jamin Keamanan, Pemerintah Pastikan Pengadaan Vaksin di RI Mengikuti Standar WHO Simulasi vaksinasi Covid-19 di Depok. ©Liputan6.com/Herman Zakharia

Merdeka.com - Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, memastikan pemerintah akan terus melakukan upaya vaksinasi dalam upaya pencegahan virus corona atau Covid-19. Bahkan, Presiden Joko Widodo memintah agar pelaksanaan imunisasi vaksin dilakukan melalui pengadaan dan pelaksanaan yang aman dan efektif.

"Kalau aman itu, vaksin harus sudah ikuti tahap uji klinis yang benar. Ini penting untuk beri keyakinan ke masyarakat," kata Menteri Sri Mulyani dalam konferensi pers, di Jakarta, Selasa (27/10).

Pemerintah ingin, semua vaksin yang diproduksi maupun datang dari luar tetap berdasarkan kajian ilmiah sesuai standar kesehatan. "Tetap harus dipenuhi sesuai standar yang sudah dilakukan atau diadopsi internasional," imbuh dia.

Oleh karena itu, kata dia, pelaksanaan pengadaan vaksin dan vaksinasi sangat tergantung pada proses uji klinis. Selain itu, vaksin juga harus dipastikan apakah sudah melewati standar keamanan yang sudah ditetapkan secara internasional oleh WHO atau sebaliknya.

"Jadi Indonesia tidak gunakan standar berbeda, gunakan standar sama internasional. Ini untuk beri keyakinan bahwa kita tidak percepat atau melakukan sendiri mekanisme dan standar yang kemudian akan timbulkan persepsi dari keamanan vaksin tersebut," katanya.

Baca Selanjutnya: Pemerintah Susun Rencana Detail Vaksinasi...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini