Jalur Baru Cibinong Dukung Pertumbuhan Ekonomi Bogor

Sumber : | Minggu, 15 November 2009 19:23
Jalur Baru Cibinong Dukung Pertumbuhan Ekonomi Bogor
Kapanlagi.com

Merdeka.com - Kapanlagi.com - Pembangunan jalur jalan baru yang menghubungkan ibu kota Kabupaten Bogor, Cibinong, dengan berbagai kecamatan di wilayah Kabupaten Bogor bagian utara, diharapkan dapat mempercepat laju pertumbuhan ekonomi setempat.

Bupati Bogor Rachmat Yasin kepada ANTARA di Cibinong, Sabtu (14/11), mengemukakan, pembangunan jalan tersebut diharapkan dapat selesai pada akhir 2010 mendatang. Rencananya jalan tersebut membentang mulai Jalan Tegar Beriman di Cibinong hingga Jalan Parung-Bogor di Desa Jampang, Kecamatan Kemang.

Ada tiga kecamatan yang dilalui jalur ini, yakni Bojonggede, Tajurhalang dan Kemang. Saat ini tim Pemerintah Kabupaten (Pemkab) sedang melakukan pembebasan terhadap lahan-lahan masyarakat setempat yang dilalui jalur ini.

Pengerjaan pembangunan jalan ini tampak mulai dilakukan oleh Pemkab Bogor, dengan memperluas badan Jalan Bojonggede - Cibinong dari semula hanya dua jalur menjadi empat jalur. Jika jalan ini sudah selesai dibangun, kata dia, jarak tempuh antara Cibinong dengan Parung akan lebih pendek serta waktu yang digunakan menjadi lebih singkat.

Saat ini perjalanan dari Cibinong ke Parung membutuhkan waktu sekitar 70 menit, karena terlebih dahulu harus muter dan melintas ke wilayah Kota Bogor dengan melintasi Jalan Pemda Cibinong, Jalan Kedunghalang, Jalan Sholeh Iskandar dan Jalan Parung Bogor.

Perjalanan juga dapat dilakukan melalui jalur Bojonggede dan Tajurjhalang. Namun sempitnya badan jalan yang diperparah oleh padatnya arus lalu lintas membuat perjalanan menjadi lama, nyaris sama dengan perjalanan melalui Jalan Sholeh Iskandar, Kota Bogor.

Lebih lanjut, Rachmat Yasin mengatakan, pembangunan jalan tersebut diharapkan dapat membangkitkan perekonomian Bogor, terutama perekonomian di wilayah Bogor Bagian Utara, yakni wilayah Parung dan sekitarnya, diharapkan dapat lebih menggeliat.

"Cepatnya laju pertumbuhan perekonomian di Bogor tentu akan berimbas pada meningkatnya kesejahteraan masyarakat," katanya.(ant/bun)

Rekomendasi Pilihan


Komentar Anda



BE SMART, READ MORE