Jaga Kualitas Beras, Menko Darmin Dukung Bulog Perpanjang Operasi Pasar

Selasa, 25 Juni 2019 14:15 Reporter : Dwi Aditya Putra
Jaga Kualitas Beras, Menko Darmin Dukung Bulog Perpanjang Operasi Pasar Beras Bulog. ©2018 Merdeka.com/Iqbal S Nugroho

Merdeka.com - Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution mendukung upaya Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) untuk memperpanjang masa operasi pasar beras untuk jenis medium. Menurutnya, keputusan tersebut tepat mengingat stok beras di gudang Bulog sendiri masih cukup banyak.

"Memang gini, Bulog itu stoknya sekarang masih 2,2 juta ton tapi sebagian besar dari impor tahun lalu. Sehingga kita bilang ini lama lama (ditahan) rusak nih berasnya," kata Menko Darmin saat ditemui di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (25/6).

Mantan Gubernur Bank Indonesia ini menambahkan operasi pasar itu utamanya untuk beras sejahtera yang tergolong bukan bantuan non tunai. Sebab, kalau bantuan non tunai adalah uang yang diberikan.

"Oleh karena itu dia harus memperbanyak operasi pasar termasuk juga sebenarnya untuk rastra yang bukan non tunai. Apabila itu disimpan 6 bulan lagi, setahun lagi rusak beras," katanya.

Seperti diketahui, Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) menyatakan program Ketersediaan Pasokan dan Stabilisasi Harga (KPSH) melalui operasi pasar beras medium akan diperpanjang hingga akhir Desember 2019. Program KPSH beras medium dari Bulog telah dimulai sejak September 2018 dan akan berakhir pada 31 Mei 2019.

Direktur Operasional dan Pelayanan Publik Perum Bulog Tri Wahyudi Saleh mengatakan keputusan pemerintah untuk memperpanjang operasi pasar demi stabilisasi harga pangan, khususnya beras, ini adalah hasil rapat koordinasi di Kementerian Koordinasi Bidang Perekonomian.

"Diperpanjang, biasanya (berhenti) di 31 Mei. Kami perpanjang mulai hari ini sampai Desember," kata Tri. [azz]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini