Jadi Perhatian Jokowi, PLTA Kayan Cascade Bakal Jadi Terbesar di ASEAN

Kamis, 6 Oktober 2022 22:00 Reporter : Idris Rusadi Putra
Jadi Perhatian Jokowi, PLTA Kayan Cascade Bakal Jadi Terbesar di ASEAN PLTA. istimewa ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menyampaikan bahwa pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Kayan Cascade merupakan bagian dari komitmen Indonesia untuk mencapai Net Zero Emission (NZE) di tahun 2060.

"Pengembangan PLTA Kayan Cascade yang bisa mengembangkan sampai sekitar 12 Gigawatt (GW) ini sudah menjadi perhatian Bapak Presiden Joko Widodo, dan ini sudah menjadi bagian dari komitmen Indonesia untuk mencapai Net Zero Emission di tahun 2060 atau lebih cepat," ujar Airlangga di Jakarta, Kamis (6/10).

Dia menyampaikan bahwa Presiden Joko Widodo memprioritaskan pengembangan transisi energi menggunakan Energi Baru Terbarukan (EBT), dan menargetkan 23 persen dari keseluruhan sumber energi di Indonesia berasal dari renewable energy di tahun 2026.

PLTA Kayan Cascade yang membutuhkan investasi sebesar USD 17,8 miliar diproyeksikan menjadi PLTA terbesar di Asia Tenggara, dengan kapasitas pada tahap pertama direncanakan sebesar 900 megawatt (MW) yang ditargetkan selesai pada 2026.

Kemudian, tahap kedua 1.200 MW, tahap ketiga dan keempat masing-masing 1.800 MW, serta tahap kelima 3.300 MW, yang masing-masing akan memakan waktu dua hingga tiga tahun dari tahap pertama.

2 dari 2 halaman

Listrik untuk Kawasan Industri

"PLTA Kayan Cascade merupakan integrated power source yang diharapkan dapat melistriki kawasan industri di Tanah Kuning di Kalimantan Utara dan diharapkan juga menjadi integrated economic zone," kata Airlangga.

Menko Airlangga menyampaikan pemerintah terus mendorong pengembangan energi dan industri berbasis hijau sebagai sumber energi di masa mendatang, yakni green energy dan juga diperuntukkan bagi berbagai smelter berbasis green power.

Dia berharap kerja sama PLTA Kayan Cascade antara PT Kayan Hydro Energy dan Sumitomo Corporation tidak hanya sebatas penandatanangan memo kerja sama, tetapi juga bisa direalisasikan.

Baca juga:
TKA China Tewas Tertimpa Batu di PLTA Batang Toru
Manfaat Kincir Angin dan Kincir Air untuk Kehidupan Sehari-hari, Perlu Diketahui
Potensi Energi PLTA Kaltara dan Papua Mampu Penuhi Kebutuhan Kawasan Industri
Peran PLTA dalam Pengembangan Energi Baru Terbarukan
Pemerintah Dapat Pinjaman Rp8,7 Triliun Kembangkan Proyek PLTA di Jawa Barat
Presiden Jokowi Resmikan PLTA Poso dan PLTA Malea

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini