JaCC Ubah Konsep Jadi Hyperstores

Minggu, 19 Maret 2006 15:32 Sumber :
Kapanlagi.com

Merdeka.com - Kapanlagi.com - Pusat perdagangan di kawasan Waduk Melati Tanah Abang Jakarta City Center (JaCC) mengubah konsep dari pusat grosir menjadi hyperstores atau sentra perdagangan dunia.

"Kawasan Tanah Abang telah dikenal berbagai negara sebagai tujuan belanja sehingga konsep hyperstores dinilai lebih tepat," kata M.Sanusi, Direktur Marketing PT Citicon Mitra Tanah Abang di sela-sela Pembukaan 30 Gerai Artis di JaCC, Sabtu.

Konsep baru ini untuk mendukung perwujudan Pemda DKI Jaya menjadikan Kawasan Bundaran Hotel Indonesia -Tanah Abang sebagai Pusat Perdagangan Terpadu dan Terbesar di Indonesia, jelasnya.

"Kehadiran JaCC sebagai Hyperstores merupakan perwujudan kemapaan Tanah Abang yang telah dikenal hingga manca negara. Artinya, menjadi sentra perdagangan tujuan belanja (destination point) di Jantung Ibukota Jakarta," kata Sanusi.

Berubahnya konsep perdagangan JaCC dari Pusat Grosir menjadi Hyperstores, lanjut Sanusi karena sekitar 8.000 kios dihuni sentra perbelanjaan produk unggulan seperti pusat perdagangan tekstil dan garmen ( batik, busana muslim, jeans, pakaian dalam wanita/pria, perlengkapan/pakaian bayi, perlengkapan militer), pusat perdagangan emas, elektronik dan handphone, kulit, obat-obatan, otomotif beserta aksesorisnya yang diperdagangkan secara eceran maupun grosir.

"Apalagi, keberadaan pusat belanja Hypermart dan Matahari Departemen Store dalam satu kesatuan terpadu Hyperstores JaCC, secara otomotis menumbuhkan kompetesi harga yang cenderung lebih murah dan menguntungkan konsumen.

Yantony Nio, Direktur PT Citicon Mitra Tanah Abang menambahkan masuknya sentra artis ini akan menambah keragaman busana dan aksesorisnya di JaCC sehingga semakin bervariasi, tentunya berkualitas.

Yang unik, selain dihuni para sentra perdagangan dengan produk unggulannya, di JaCC Hyperstores juga hadir "Pasar Subuh oleh 300 Pedagang Tasik" asal Tasikmalaya, Bandung, Cicalengka, Garut, Sukabumi dan Minangkabau yang selama ini menjalankan aktivitas usahanya sejak subuh (pk.04.00 WIB) di sekitar Waduk Melati pada hari Senin dan Kamis untuk jenis produk garmen dan aksesoris secara grosiran maupun eceran" tegas Yantony.

Untuk mendukung destination point dimaksud, JaCC Hyperstores yang dikembangkan PT Jakarta Realty, konsorsium Agung Podomoro Group dan Jakarta Propertindo ini juga mengembangkan fasilitas citywalk (pusat pedestarian) dan mengawali realisasinya dengan melakukan pelebaran akses Jl. Kebon kacang Raya menjadi selebar 26 Meter, sehingga jalan yang terbentang dari Bundahan HI hingga Jl. KH Mansyur sepanjang 150 meter itu dimungkinkan menjadi area pedestarian yang nyaman.

"Untuk memperkuat konsep Hyperstores itu sendiri area pedestarian tersebut akan dibuat menyatu dengan Citywalk JaCC yang dilengkapi dengan Cafe, pusat jajanan cepat saji dan merupakan bagian dari revitalisasi kota tanpa meninggalkan karakter memorial Tanah Abang yang telah dikenal di manca Negara," Yantony.

Orientasi tetap pada perdagangan grosir. Namun, Konsep Hyperstores mengikuti pola aktivitas mal yaitu mulai beraktivitas 09.00 hingga 22.00 WIB dan tetap mengutamakan kualitas kenyamanan para pengunjung.

"Sesuai namanya yang hyper, JaCC juga akan dilengkapi dengan 10 atrium besar untuk menggelar berbagai pameran dan 1 buah Exhebition Hall untuk pameran (acara berskala besar) dengan daya tampung 1.000 orang.

Dari Segi transportasi, JaCC merupakan wilayah perlintasan utama jalur monorail jurusan Pulogadung-Roxy dan untuk memanjakan pengunjung dari luar Kota, JaCC telah menjalani kerjasama dengan PT Damri dengan membuat jalur khusus dari Bandara Soekarno-Hatta," tambah Sanusi

Untuk merealisasikan rencana besar tersebut, JaCC Hyperstores yang diapit oleh Pasar Tanah Abang, Plaza Indonesia dan Grand Indonesia (Hotel Indonesia) terus berpacu dengan waktu menyelesaikan proses pembanguan kawasan terpadu diatas lahan seluas 13, 6 Ha dan saat ini dua lantai sudah beroperasi, lantai dasar dan lantai dasar 1.

Sejak bulan oktober 2005 yang lalu telah dipergunakan oleh pemilik kiosnya untuk melakukan aktivitas bisnisnya. (*/erl)

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini