Investor Australia kepincut garap proyek jalan tol

Rabu, 29 Agustus 2012 15:56 Reporter : Pandasurya Wijaya
Investor Australia kepincut garap proyek jalan tol Pintu Tol. ©2012 Merdeka.com/dwi narwoko

Merdeka.com - Pemerintah terus berupaya merayu dan menggaet investor, baik lokal maupun asing untuk turut serta terlibat dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia. Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto mengungkapkan, saat ini sejumlah investor asing telah menandatangani konsesi untuk pembangunan jalan tol.

"Umumnya investor itu sudah punya konsesi di sini. Ada Thiess dari Australia. Dia kan punya tiga ruas jalan tol yang dia sudah teken konsesinya, tinggal sekarang mereka sudah siap bekerja menunggu pembebasan tanahnya selesai," kata Djoko di JCC, Rabu (29/8).

Djoko menambahkan, perusahaan Thiess tersebut telah memiliki konsesi untuk pembangunan jalan tol Serpong-Cinere, Solo-Ngawi, dan Ngawi-Kertosono. "Dia sudah tandatangan, tinggal tunggu pembebasan lahan," ujar Djoko.

Selain dari Australia, kata dia, investor asal negeri jiran Malaysia juga ikut berinvestasi untuk membangun jalan tol di Indonesia. "Selain Thiess, ada Malaysia yang Cikampek-Palimanan. Kemudian Cibitung-Cilincing juga dari Malaysia. Otomatis mereka kerjasama dengan investor Indonesia," tambahnya.

Investor Malaysia juga akan menandatangani kerjasama dengan Pemda Sumatera Selatan untuk pembangunan ruas jalan tol Kayu Agung-Jaka Baring sepanjang 22 km dengan nilai mencapai Rp 2,22 triliun. [oer]

Topik berita Terkait:
  1. Tol
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini