Investor Asal Korea Tertarik Bangun Proyek Kereta Api Lahat - Tarahan

Kamis, 5 Desember 2019 16:36 Reporter : Dwi Aditya Putra
Investor Asal Korea Tertarik Bangun Proyek Kereta Api Lahat - Tarahan Anak-Anak Bermain di Rel Kereta Api. ©2019 Merdeka.com/Iqbal S Nugroho

Merdeka.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan sudah ada salah satu investor asing yang berminat untuk terlibat membangun proyek jalur kereta api Lahat-Tarahan. Nantinya, proyek tersebut akan dikerjakan melalui skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

"Investor ada, dari Korea juga ada. (Selain korea) saya lupa. Banyak ada suratnya sudah menyatakan minat," kata Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Zulkifri di Kantornya, Jakarta, Kamis (5/12).

Dia mengatakan, proyek kereta api menghubungkan Sumatera dan Lampung dengan panjang lintasan 250 kilo meter itu prosesnya sudah masuk tahapan perencanaan dan persiapan Outline Business Case (OBC). Setelah investor berminat, maka tahapan selanjutnya akan dilelang melalui KPBU.

"OBC itu kalau dalam proses KPBU ada harus menyiapkan dulu Outline Business Case. Jadi kira-kira ini menarik nggak sih begitu, ya jadi masih kita market sounding. Itu kita market sounding kepada investor kita, sounding di dalam maupun luar negeri," ujarnya.

"Kalau dia sudah berminat kita lanjut ke Final Business Case (FBC). Final Business Case nanti sudah siap kalau untuk mau dilelang. Kan KPBU harus dilelang," tambahnya. [idr]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini