Investasi yang Aman di Tengah Ketidakpastian Ekonomi Global

Kamis, 29 Agustus 2019 15:49 Reporter : Yayu Agustini Rahayu
Investasi yang Aman di Tengah Ketidakpastian Ekonomi Global investasi. shutterstock

Merdeka.com - Kondisi ekonomi global saat ini penuh ketidakpastian. Hal itu membuat pasar saham dan pasar uang menjadi tidak dapat diprediksi.

Founder PT Solusi Finansialku Indonesia, Melvin Mumpuni mengungkapkan beberapa instrumen investasi yang dinilai paling aman saat situasi ekonomi sedang seperti saat ini. Salah satunya adalah surat utang Fixed Rate (FR) dan reksadana jenis pendapatan tetap.

"Yang dalam waktu dekat ini yang akan kelihatan hasilnya adalah yang berhubungan dengan fixed income surat utang dan reksadana pendapatan tetap, hasilnya akan bagus," kata dia saat ditemui di Menara BCA, Jakarta, Kamis (29/8).

Sementara itu, untuk pasar saham sendiri menurutnya saat ini memang sedang tidak terlalu bagus, namun dia percaya kondisi ekonomi Indonesia masih aman. Hal ini terbukti dari kondisi serupa yang pernah terjadi sebelumnya, dan terbukti Indonesia cukup mampu melalui kondisi tersebut.

"Kalau di Indonesia sendiri saham sekarang memang lagi gonjang-ganjing, tapi saya sendiri pribadi percaya pada pemerintah Indonesia. Buktinya beberapa waktu lalu IHSG dunia turun tapi Indonesia masih tetap bisa bertahan, next nya akan lebih bisa bertahan," tutupnya.

Sebelumnya, Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI) Destry Damayanti mengatakan, perang dagang Amerika Serikat (AS) dan China membuat gejolak ekonomi global tidak memberikan banyak pilihan kepada para investor dalam menanamkan investasi.

Untuk itu, para investor semakin memburu emas sebagai target investasi yang aman. Sebab, investasi emas memiliki risiko yang paling kecil ketika banyak ketidakpastian di pasar global.

"Emas masih dianggap investasi yang aman oleh para investor," kata Destry di Jakarta, dikutip Antara, Rabu (28/8). [azz]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini