Investasi paling cocok buat keluarga muda

Jumat, 6 Maret 2015 08:32 Reporter : Novita Intan Sari
Investasi paling cocok buat keluarga muda Ilustrasi keluarga. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/dotshock

Merdeka.com - Keluarga muda di Indonesia sebaiknya mulai menyisihkan sebagian dana untuk investasi. Imbal hasil dan dana yang diendapkan ini nantinya sangat berguna memenuhi kebutuhan hidup yang tidak bisa ditebak di kemudian hari.

Directur of Business Development Manulife, Putut Endro Andanawarih menyarankan keluarga muda Indonesia mulai mengisi pengetahuan tentang investasi dan menyiapkan keuangan untuk jangka panjang. Mengelola keuangan itu lebih dari sekedar tahu bagaimana mengalokasikan dana, namun juga mengerti cara menginvestasikan uang yang ada.

Putut menuturkan, biasanya anak muda apalagi yang sudah memiliki tali ikatan pernikahan cenderung memilih investasi dengan risiko rendah.

"Keluarga muda yang pasti pilih risiko yang rendah, misal reksadana dan biasanya mereka berinvestasi yang baik secara berkala, reguler," ujarnya di Jakarta, Kamis (5/3).

Ada beberapa jenis reksadana yang cocok untuk keluarga muda dan sesuai dengan profil masing-masing individu. Semisal, Reksadana Pasar Uang, Reksadana Pendapatan Tetap, Reksadana Campuran dan Reksadana Saham.

bagi pemula bisa membeli produk reksadana di perusahaan sekuritas atau di Bank. "Memang investasi ini lebih praktis, bisa membeli reksadana online," jelas dia.

Putut menyadari ada beberapa faktor yang membuat keluarga muda tidak berinvestasi. Semisal, dengan kehadiran anak otomatis keluarga muda memiliki tanggung jawab finansial lebih yang harus dipersiapkan. Mulai dari pemenuhan kebutuhan primer hingga kebutuhan pendidikan di masa yang akan datang.

"Harus berani ambil risiko karena memikirkan biaya sekolah anak dua tahun lagi. Makanya yang muda-muda jangan terpengaruh dengan gaya hidup saja. Sering edukasi investasi ke perusahaan pembiayaan," tutupnya. [noe]

Topik berita Terkait:
  1. Investasi
  2. Tips Investasi
  3. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini