Introvert Juga Bisa Jadi Pemimpin, Ini 6 Caranya

Selasa, 25 Oktober 2022 06:00 Reporter : Merdeka
Introvert Juga Bisa Jadi Pemimpin, Ini 6 Caranya Pemimpin. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Kepercayaan diri adalah kunci untuk memulai membuka suara di industri tempat kerja. Meski demikian, Anda tidak perlu menjadi ekstrovert untuk memimpin.

Faktanya, banyak dari pemimpin yang paling sukses dan berpengaruh dunia adalah seorang introvert. Karena menjadi introvert tidak berarti menjadi halangan untuk bergerak maju dan menghasilkan uang.

Menjadi pemimpin adalah lebih dari sekadar menjadi orang yang paling berisik. Ini adalah tentang memiliki keberanian untuk membela apa yang diyakini, bahkan ketika itu bukan pilihan mayoritas.

Karena memimpin artinya tampil untuk menginspirasi orang lain agar menjadi diri mereka yang terbaik dan memberikan dampak positif pada dunia di sekitar. Berikut 6 cara agar ANda yang introvert bisa sukses menjadi pemimpin, dilansir Entrepreneur.

1. Refleksi diri

Bersikap jujur dan terbukalah pada diri sendiri adalah bentuk refleksi diri. Refleksi diri diartikan sebagai meditasi atau pemikiran serius tentang karakter, tindakan, dan motif seseorang.

Perlu diingat, ini tidak sama dengan menyalahkan diri sendiri karena kesalahan masa lalu. Ini adalah tentang melihat secara jujur siapa Anda dan apa yang ingin dicapai.

Untuk melakukan ini, tanyakan pada diri beberapa pertanyaan mendalam. Memang tidak mudah untuk menggali lebih dalam dan menemukan jawabannya, tetapi itu berguna nantinya.

Karena semakin banyak tahu tentang diri sendiri maka semakin mudah untuk punya kepercayaan diri dalam memimpin. Hanya ketika mengenal diri sendiri, Anda dapat mulai tumbuh dan berubah menjadi percaya diri.

2. Menjadi otentik

Orang-orang tertarik pada pemimpin yang murni dan otentik. Mereka ingin mengikuti seseorang yang nyata dan membumi, bukan seseorang yang mencoba untuk membual atau terlalu sombong atas suatu pencapaian.

2 dari 2 halaman

3. Jangan takut terlihat lemah

Pemimpin hebat tidak takut untuk menunjukkan kerentanan dan malahan memanfaatkannya ke arah yang menguntungkan. Menjadi rentan memungkinkan diri untuk saling terhubung dengan orang lain pada tingkat yang lebih dalam dan membangun kepercayaan bersama atas kesamaan yang dimiliki itu. Karena ketika orang merasa bisa mempercayai Anda, mereka cenderung mengikuti Anda.

4. Bersikaplah tegas

Para pemimpin sangat menentukan semua berjalan sesuai jalur. memimpin juga yang membuat keputusan akhir, untuk itu sangat penting mengetahui apa yang diinginkan dan bagaimana mewujudkannya. Jadi bersikaplah tegas dan tidak takut untuk membuat keputusan sulit serta tidak menebak-nebak sendiri hal apa yang ada di depan.

5. Melatih kerendahan hati dan bangun komunitas

Terlepas dari semua pencapaian, para pemimpin yang sukses tetap rendah hati. Mereka tahu bahwa mereka tidak mendapatkan tempat mereka sendirian dan mereka selalu bersedia memberikan pujian di tempat yang seharusnya.

Pemimpin yang rendah hati juga lebih mudah didekati dan lebih mudah diajak bergaul. Untuk itu tunjukkan kepedulian kepada orang-orang. Karena umumnya, orang ingin mengikuti seseorang yang peduli dengan mereka. Selain itu dengan berbelas kasih, orang-orang akan mempercayai dan merasa nyaman untuk menceritakan banyak hal kepada Anda.

6. Harus gigih

Mereka tidak mudah putus asa dan tidak pernah menyerah pada impian mereka. Jika ingin menjadi pemimpin yang sukses, Anda harus siap untuk bekerja keras dan tidak pernah menyerah pada visi dan kepercayaan yang diyakini.

Konsistensi dan ketekunan perlu diterapkan setiap saat pada setiap langkah di masa depan. Namun perlu diingat, menjadi seorang pemimpin membutuhkan waktu dan usaha.

Reporter Magang: Hana Tiara Hanifah [azz]

Baca juga:
Ingin Lolos Wawancara Kerja, Coba 5 Tips Ini
Ingin Jadi Pengusaha, Tingkatkan Batas Diri Lewat 6 Cara Ini
Kunci Sukses Miliarder Ray Dalio: Belajar dari Kesalahan
Kapan Waktu Terbaik untuk Posting di Instagram?
Kisah Sukses Milton, Tak Lulus SD Kini Jadi Orang Kaya Raya
Miliarder Grant Cardone Bagikan 4 Aturan Keuangan yang Bikin Dirinya Kaya

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini