Intip Tips Merencanakan Pensiun Agar Bahagia di Hari Tua

Jumat, 22 Februari 2019 06:00 Reporter : Merdeka
Intip Tips Merencanakan Pensiun Agar Bahagia di Hari Tua Ilustrasi pensiunan. ©2012 Shutterstock/Kurhan

Merdeka.com - Pensiun menjadi momok menakutkan bagi seseorang yang belum mempersiapkannya. Seharusnya, pensiun menjadi sesuatu yang membahagiakan karena di saat seperti itulah Anda dapat benar-benar beristirahat dari kejamnya dunia kerja dan tidak memikirkan tumpukan tugas serta target yang harus dilampaui.

Namun bagi orang yang belum mempersiapkan hal tersebut dengan baik, maka mereka patut takut dan cemas karena jika pada saat itu Anda tidak akan mendapatkan lagi tunjangan tinggi per bulannya.

Jangan khawatir masih ada waktu bagi Anda untuk mempersiapkannya, mau tahu langkah apa saja yang harus dilakukan untuk mempersiapkan pensiun Anda? Berikut merupakan 3 tipsnya.

Reporter: Ayu Lestari Wahyu Puranidhi
Sumber: Liputan6

1 dari 3 halaman

Membeli Properti

Perumahan. ©2017 Merdeka.com

Mulailah memikirkan untuk memiliki properti sejak dini karena aset ini lah yang tiap tahun nilainya akan selalu naik.

Memiliki aset ini selagi kerja akan tidak terasa begitu sulit karena Anda masih memiliki penghasilan untuk menutupi biaya angsuran tiap bulannya.

2 dari 3 halaman

Memiliki Deposito

Jika Anda sudah menabungkan uang untuk tabungan pensiun, dan tidak ingin mengganggu tabungan tersebut maka ada baiknya tabungan tersebut Anda deposito kan saja.

Dengan deposito Anda dapat menabung dengan aman dan pada waktu yang telah ditentukan Anda mendapatkan suku bunga tertentu.

3 dari 3 halaman

Mulailah untuk Berbisnis Online

Kiat sukses berbisnis online. ©2016 Merdeka.com

Jika Anda sudah mau mendekati masa pensiun, maka mulailah untuk berpikir dan membuat bisnis online. Jika bisnis sudah sukses sebelum Anda pensiun maka hal ini akan membantu keuangan Anda saat ini.

Mulailah dengan bisnis yang sederhana misal menjual pakaian atau makanan serta kue-kue lucu yang selalu menjadi incaran pembeli. Tidak hanya itu saja, saat masa pensiun tiba Anda tidak perlu memusingkan untuk mendapatkan uang dari mana lagi.

  [bim]

Baca juga:
Survei HSBC: Mayoritas Orang Indonesia Masih Khawatir Hidup di Masa Pensiun
Deretan Terobosan Kebijakan Jokowi untuk Personel TNI
Ketua DPR Dukung Batas Usia Pensiun TNI Tamtama dan Bintara Diperpanjang
Jokowi Perpanjang Usia Pensiun TNI Tamtama dan Bintara Jadi 58 Tahun
Mahathir bercanda, usia pensiun di Malaysia hingga 95 tahun
Ribuan warga Rusia protes undang-undang batasan umur pensiun

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini