Intip tips belanja grosiran bagi pebisnis pemula

Jumat, 13 Juli 2018 06:00 Reporter : Siti Nur Azzura
Ilustras masalah keuangan. ©shutterstock.com/Robert Kneschke

Merdeka.com - Berbisnis adalah salah satu cara untuk meraih kesuksesan. Banyak bidang bisnis yang bisa Anda lakukan, baik dari bidang kuliner, properti, pakaian dan sebagainya.

Untuk memulai terjun di dunia bisnis, Anda juga perlu memiliki keahlian atau latar belakang. Misalnya bisnis pakaian, Anda bisa membeli pakaian jadi dengan sistem pembelian grosiran, kemudian di jualnya kembali melalui online, door to door atau memanfaatkan garasi atau halaman rumah untuk dijadikan tempat berjualannya.

Dikutip Cermati, Anda juga harus mengetahui beberapa hal agar bisnis Anda tidak mudah bangkrut. Pertama, catatlah hal penting yang berhubungan dengan barang grosiran yang akan dibeli, mulai dari model, perkiraan harga pasaran dan jumlah yang akan dibeli.

Lakukan survey terlebih dahulu melalui internet mengenai harga dipasaran dan model yang diinginkan berupa gambar yang bisa di download. Dengan begitu, bisa langsung menginput contoh gambar ke fitur note yang ada di smartphone dan jangan lupa beri keterangan mengenai harganya sebagai patokan.

Kedua, lakukan survei ke beberapa toko untuk untuk membandingkan kualitas barang dan harga yang di tawarkan. Hal ini juga untuk menjaga kepercayaan pembeli sehingga bisnis Anda akan terus maju.

Pembeli sangat berhak menanyakan segala hal yang berhubungan dengan barang yang akan dibeli, mulai dari bahannya, bagus atau tidak hingga harga. Walaupun harga yang ditawarkan sudah harga grosir, jangan sungkan tawar harga hingga mendapatkan harga yang sesuai.

Ketiga, sebelum berbelanja Anda perlu menyaipkan uang cash, karena hampir semua penjual grosir melayani pembayarannya dengan uang cash. Bawalah uang cash dengan hati-hati, kalau perlu sesuai dengan total jumlah yang sudah diperkirakan sebelumnya.

Simpanlah uang cash di dalam tas dan letakkan tas di depan badan. Tetaplah waspada dengan lingkungan sekitar. [azz]

Topik berita Terkait:
  1. Tips Keuangan
  2. Bisnis
  3. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini