Intip tips atur keuangan agar tak bingung saat cicil rumah

Selasa, 26 Desember 2017 07:00 Reporter : Harwanto Bimo Pratomo
Intip tips atur keuangan agar tak bingung saat cicil rumah

Merdeka.com - Menentukan cara dan strategi keuangan yang tepat sangat diperlukan saat memutuskan mencicil rumah dengan kredit pemilikan rumah (KPR). Tujuannya tak lain adalah agar terhindar dari kredit macet, yang bisa saja menimpa di kemudian hari.

Sementara jika berbicara tentang pengajuan KPR, banyak orang merasa takut akan ditolak bank. Padahal, selama tahu kuncinya perasaan cemas bisa diminimalisir dan Anda bisa lebih percaya diri.

Dikutip dari Rumah.com, dalam proses aplikasi KPR, bank umumnya ingin mengetahui:

- Seberapa besar penghasilan dan darimana sumbernya. Jika memiliki penghasilan lain di luar gaji, sebaiknya beritahukan agar bank dapat memperhitungankan penghasilan tambahan ini dalam membantu kestabilan keuangan.

- Bank juga tertarik untuk menelusuri pengeluaran bulanan termasuk utang jangka panjang seperti angsuran kendaraan bermotor, alat elektronik, serta cara dan kebiasaan dalam menggunakan kartu kredit.

- Tidak hanya itu, bank pun ingin tahu bagaimana kebiasan menabung serta mengelola tabungan tersebut. Umumnya, bank lebih menyukai calon debitur yang mampu menyisihkan minimal 35 persen dari gaji secara rutin.

- Bank mempertimbangkan hasil penilaian atas rumah berikut tanah yang akan dijadikan agunan KPR. Penilaian dilakukan atas rumah yang telah siap huni. Hasilnya bisa lebih besar dari harga jual, atau lebih kecil dari harga jual atau bahkan sama.

Sebelum mengangsur rumah, pastikan juga kesiapan uang muka untuk tahap awal KPR. Besarnya uang muka tergantung kebijakan bank berikut pengembang. Untuk rumah pertama, uang muka yang perlu disiapkan sebesar 15 persen dari harga jual rumah.

Tidak cukup sampai di situ, tindakan preventif lain juga perlu dilakukan saat akan mencicil rumah. Salah satunya pangkas pengeluaran tak penting. Bagaimana penjelasannya? Silakan membaca di halaman berikutnya. [bim] SELANJUTNYA

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini