KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Intip fitur canggih pesawat NC212i Made In Bandung

Senin, 20 Juni 2016 16:19 Reporter : Idris Rusadi Putra
Pesawat buatan PTDI. BUMN©2016

Merdeka.com - PT Dirgantara Indonesia (PTDI) tengah memproduksi pesawat NC212i. Seluruh proses pembuatan pesawat tersebut dilakukan di Bandung di kawasan produksi PTDI karena Airbus Defence and Space telah menyerahkan sepenuhnya fasilitas produksi ke PTDI mulai dari jig dan tools hingga pergudangannya (Slow Mover Material) yang semula berada di Spanyol telah dikirimkan seluruhnya ke PTDI.

PTDI dan Airbus Defence and Space (dahulu CASA) sudah bekerja sama sejak 40 tahun silam atau sejak tahun 1976. Sejak kurun waktu tersebut telah ada ratusan pesawat yang telah diproduksi PTDI atas lisensi dari Airbus Defence and Space, di antaranya Cassa 212 yang kemudian untuk yang diproduksi PTDI diubah namanya menjadi NC212.

Melalui kerja sama yang telah ditandatangani pada tahun 2012 tersebut, PTDI menargetkan akan membangun 6 (enam) buah pesawat NC212i setiap tahunnya.

Direktur Utama PTDI, Budi Santoso mengatakan, kerja sama tersebut adalah merupakan peningkatan status kerja sama dengan mitra lama PTDI di Eropa, kerja sama tersebut akan memperkuat posisi PTDI sebagai Industri pesawat terbang terdepan di wilayah Asia Pasifik.

"PTDI dan Airbus Defence and Space bekerja sama untuk memproduksi dan memasarkan NC212i ke seluruh dunia dengan menawarkan pesawat terbang sipil dan militer kelas kecil yang modern dan sangat kompetitif," ucap Budi dalam keterangannya yang dikutip merdeka.com di Jakarta, Senin (20/6).

Untuk pemasaran sendiri, negara-negara di wilayah Asia Pasifik akan dilakukan oleh PTDI sedangkan untuk negara-negara lainnya di luar wilayah tersebut akan dilakukan oleh Airbus Defence and Space.

"Siapapun yang melakukan pemasaran pesawat NC212i tersebut, Indonesia akan diuntungkan karena seluruh proses pembuatan pesawat tersebut dikerjakan PTDI di Bandung. Hal tersebut tentunya dapat menciptakan lapangan kerja yang besar," katanya.

Adapun fitur pesawat NC212i adalah sebagai berikut:

1. Two Honeywell TPE-331-12JR-701C Turboprop engines with two four-bladed Dowty Rotol Propeller

2. Full Glass Cockpit, Advanced and Modern Avionics Suite and Auto Pilot.

3. Fixed Landing Gear, High Wing Configuration.

4. Max Take Off Weight : 8,100 kg

5. Max Landing Weight : 8,100 kg

6. Un-pressurized Cabin and Payload : 2,950 kg

7. The Largest Seat Capacity (up to 28 seats)

8. Short Take-off and Landing (STOL) Operations

9. Take-off and Landing on Unpaved Runway Capabilities

10. High and Hot Airfield Capability

11. Equipped with Ramp Door for Easy Loading and Unloading

12. Light Lift Aircraft : Passenger Transport, VIP, Troop Transport, Paratroops Drooping, Medical Evacuation, Cargo, MSA, etc.

Pesawat NC212i adalah pesawat multi guna generasi terbaru dari NC212 dengan daya angkut 28 penumpang, memiliki ramp door, kabin yang luas dikelasnya, sistem navigasi dan komunikasi yang lebih modern, biaya operasi yang lebih rendah namun tetap kompetitif di pasar pesawat kecil.

Pesawat NC212i dapat juga digunakan sebagai pembuat hujan, patroli maritim dan penjaga pantai. Pesawat generasi sebelumnya C212 berbagai seri telah digunakan lebih dari 600 unit oleh 38 negara diataranya yaitu Thailand, Filipina, Afrika Selatan, Spanyol, Uni Emirat Arab, Cili dan Meksiko. [idr]

Topik berita Terkait:
  1. PT Dirgantara Indonesia
  2. BUMN
  3. Jakarta
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.